PENERAPAN NATURE-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Nur Endah Suryani, Muhammad Munif Syamsuddin, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nature-based learning dalam meningkatkan kemampuan mengklasifikasi pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Angkasa Lanud Adi Soemarmo Colomadu. Jenis penelitian ini  adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari :  perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.  Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A berjumlah 20 anak. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.  Teknik analisis data kuantitatif menggunakan berupa teknik analisis data komparatif untuk membandingkan presentase dari hasil tindakan tiap siklus serta analisis kualitatif interaktif. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan nature-based learning mampu meningkatkan kemampuan mengklasifikasi pada anak usia 4-5 tahun. Peningkatan dapat dilihat melalui meningkatnya kemampuan mengklasifikasi anak yaitu mengklasifikasi warna, mengklasifikasi ukuran dan mengklasifikasi benda berpasangan 2 variasi.                                                                     
Kata kunci : Kemampuan mengklasifikasi, nature-based learning, anak usia 4-5 tahun

 

ABSTRACT

 

This research aims to know the nature-based learning application to increase the classification ability of children age 4-5 years old. This research was conducted at Tk Angkasa Lanud Adi soemarmo Colomadu. The type of this research is classroom action research with quantitative and qualitative approach. The procedure of this research divided into : planning, action, observation and  reflection. The technique of collecting data are observation,  interview,  test and documentation. The subject of this research are group of children that 20 child. The validity test of data are source triangulation and technique triangulation. The quantitative data are analyzed by comparative data analyze technique,  to compare the percentage of action result each cycle,  and analyzed by interactive qualitative. The result of the research show that nature based learning application capable to increase the classification ability of children age 4-5 teara old. Improvement can be seen by means of increasing the classification ability of children are classify the colour, classify the size,  and classify the match things two variation.

Keywords : classifying ability, nature based learning, children aged  4-5 years.

Keywords

kemampuan mengklasifikasi, natured based learning

Full Text:

PDF

References

Acar, I. H. (2017). Early childhood development and education through nature- child interactions : a conceptual paper. The International Journal of Educational Researchers, 4 (2) : 1-10.

Bailie, P. E. (2012). Connecting children to nature: a multiple case study of nature center preschools. Doctoral dissertation : University of Nebraska-Lincoln.

Beaty, J. J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini. Jakarta : Kencana

Bundu, P. (2006). Penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran sains sekolah dasar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Cristian, B. (2017). Nature-based learning in christian schools : essential element or optional extra teach. Journnal of Christian Education : Vol.11 : 1

Gautron, O. (2014). Teachers’ Perceptions of the effects of nature-based learning on junior lavel students. A reasch paper submitted in conformity with the requirements for the degree of master of teaching departement of curriculum, teaching and Learning ontario indtitute in education of the university of Toronto

Hamalik, O. (2008). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung : Sinar Baru Algsind

Haryadi. (2006). Retorika membaca model, metode, dan teknik. Semarang : Rumah Indonesia

Hoed, R. C. (2014). Forest and nature school in Canada : a hea, hands approach to outdoor learning. Ottawa : Forest Scholl Canada

Mudarwan.(2015). Permendikbud No.137 Tahun 2014 tentang standar PAUD.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014

Sujiono, Y. N. dkk.(2007).Metode pengembangan kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.