PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA

Tania Yuli Astari, Upik Elok Endang Rasmani, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di TK Islam Permata Jajar. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu guru, dokumen (rppm, rpph, instrumen penilaian guru), hasil kerja anak, foto dan video. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Validitas data dilakukan dengan  teknik triangulasi pada sumber dan teknik. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi  reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini mendapatkan hasil media pembelajaran yang digunakan adalah flashcard, laptop, LCD, proyektor, dan buku paket Bahasa Inggris AUD. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah TPR (Total Physical Response), metode bernyanyi dan permainan.  Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui penyusunan RPPH yang meliputi lima kegiatan yaitu sebelum masuk kelas, pembuka, apersepsi, inti, dan penutup.  Penilaian kemampuan anak dilakukan melalui pengamatan, ceklist dan portofolio. Pembelajaran bahasa Inggris anak difokuskan pada kemampuan mendengarkan dan berbicara. Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan pembelajaran bahasa Inggris di TK Islam Permata Jajar telah berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak.

Keywords

Pembelajaran Bahasa Inggris, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Ashworth, M. dan P. W. (2004). Teaching the World’s Children: ESL for Ages Three to Seven. NY : Pippin Publishing Corporation.

Binarkaheni, S. (2014). Analisa Deskriptif Implementasi Kurikulum Bahasa Asing (Bahasa Inggris} Taman Kanak -Kanak Di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan, 3.

Creswell, J. W. (2003). Research Design: Qualitative, Quantitative, and MixedMethod Approaches (2nd Edition). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Febriyanti, E. S., & Agustin. (2016). Pengenalan Bahasa Inggris Dalam Pembelajaran Paud Di Taman Kanak-Kanak Kota Bandung. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(Januari 2016), 15.

Harun, C. A. (2018). Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak Usia Dini Versus Budaya Lokal. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 63–72. https://doi.org/10.17509/CD.V5I2.10499

Imaniah, I. dan Nargis. (2017). Teaaching English for Young Learners © 2017 1. FKIP UMT PRESS.

Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pub. L. No. 137, 76 (2014). http://luk.tsipil.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD.pdf

Khadijah. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Cita Pustaka Media.

Muryanti, E. (2011). Bahasa inggfus untuk anak usia din1. UNP.

Nicholls, G. (2005). An Introduction to Teaching Second Edition : A handbook for primary and secondary school teachers. London: Routledge Falmer.

Ratri, D P, D. (2018). Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. Universitas Brawijaya Press.

Richard, J. C. (2001). Approach and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press.

Sudrajat, A. (2008). Prosedur Pembelajaran. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/02/prosedur-pembelajaran/

Sukyadi, D. (2019). Penilaian Hasil Belajar Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Journal of Education, 40(9), 287. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.