PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI GERAK MANIPULATIF ANAK USIA 4-5 TAHUN

Fery Damayanti, Warananingtyas Palupi, Novita Eka Nurjanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan halus anak melalui gerak manipulatif pada anak kelompok A TK Warga Jebres Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan menunjukan bahwa motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan sehingga perlu adanya peningkatan motorik Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A berjumlah 17 anak yang tediri dari 7 anak laki-laki dan 10 anak perempuan yang berusia 4-5 tahun. Data dan sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisi data kuantitatif dari Aqib dan analisis data kualitatif dari Miles dan Hurberman, yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Indikator kinerja penelitian yang ditetapkan sesuai dengan Tingkat Pencapaian Perkembangan Minimal (TTPMin) 75% dari jumlah anak. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa motorik halus anak meningkat melalui kegiatan gerak manipulatif. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan hasil dari persentase pada pratindakan adalah 5,9%. Hasil peningkatan persentase pada siklus I yaitu sebesar 64,7%. Peningkatan persentase pada siklus II yaitu menjadi sebesar 88,2%. Hal tersebut dikarenakan gerak manipulatif pada penelitian ini berfokus terhadap kinerja otot-otot tangan dan pergelangan dalam melakukan setiap kegiatan pembelajaran, sehingga mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan kemampuan motorik halus anak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan gerak manipulatif dapat meningkatkan motorik halus anak.

Kata Kunci: Kemampuan motorik halus, gerak manipulatif, anak usia 4-5 tahun

Full Text:

PDF

References

Abarua, H. (2017). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 01(01), 24–32.

Beaty, J. (2013). Observasi perkembangan anak usia dini edisi ketujuh. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Harlock, E. B. (1987). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Hirai, M. (2010). Melatih motorik halus anak melalui origami. Jakarta: Kawan Pustaka.

Qi, Y., Tan, S., Sui, M., & Wang, J. (2018). Supervised Physical Training Improves Fine Motor Skills of 5-Year-Old Children. Revista Brasileira de Medicina do Esporte, 24(1), 9–12. https://doi.org/10.1590/1517-869220182401177117

Rahmawati, E. (2017). Jurnal Pendidikan : Early Childhood Permainan Modifikasi Untuk Stimulasi Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Anak Usia 2-4 Tahun. Jurnal Pendidikan : Early Chilhood, 1(2), 1–13.

Rahyubi, H. (2012). Teori - teori belajar dan aplikasi pembelajaran motorik. Bandung: Nusa Media.

Rosa, H., Nurhafizah, & Yulsyofriend. (2019). Efektifitas Papercraf Terhadap Kemampuan Motorik Halus. Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education, 1(1), 24–34.

Samsudin. (2007). Pembelajaran motorik ditaman kanak - kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Sumantri. (2005). Pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.

Wei, X. (2016). Research on the Boost of Development on Young Children’s Fine Motor by Folk Games. International Education Studies, 9(9), 111. https://doi.org/10.5539/ies.v9n9p111

Wiarto, G. (2015). Inovasi pembelajaran dalam pendidikan jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Widayati, S., Simatupang, N. D., & Sari, P. P. (2020). The Impact of Adduction of Folding Paper Stages for Children’s Fine Motor Skills. Education and Humanities Research, 387(Icei), 62–65. https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.14

Yuriastein, E. (2009). Games therapy untuk kecerdaan bayi & balita. Jakarta: Wahyu Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.