PENGGUNAAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola melalui penggunaan media busy book pada anak usia 4-5 tahun TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus. Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian ini berupa perencanaan, tindakan, pengematan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan anak dalam mengenal pola. Kemampuan mengenal pola pada anak Kelompok A2 TK Negeri Pembina Jebres Surakarta meningkat ditunjukkan dengan rata-rata ketuntasan anak pada pratindakan sebesar 40%. Kemampuan anak mengenal pola pada siklus I meningkat sebesar 15% menjadi 55% anak yang mencapai nilai ketuntasan, Siklus II meningkat sebesar 15% menjadi 70% anak yang mencapai nilai ketuntasan, dan Siklus III meningkat sebesar 10% menjadi 80% anak mencapai nilai ketuntasan dan telah melampaui target pencapaian yang ditetapkan oleh peneliti. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media busy book dapat mengembangkan kemampuan mengenal pola pada anak kelompok A2 TK Negeri Pembina Kecamatan Jebres Surakarta.
Kata kunci:Kemampuan mengenal pola, media busy book, anak usia dini
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3, 48.
Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Press.
jamaris martini. (2009). anak berkesulitan belajar. In anak berkesulitan belajar.
Janice, B. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. jakarta: Rineka Cipta.
Montague-Smith, A., & Price, A. (2012). Mathematics in Early Years Education. 3rd Edition. In Routledge, Taylor {&} Francis Group. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true%7B&%7Ddb=eric%7B&%7DAN=ED534870%7B&%7Dsite=ehost-live%5Cnhttp://www.routledge.com/books/details/9780415674690/
Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book pada Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Metamorfosa, V, 146–155.
Nilmayani, Zulkifli, N., & Risma, D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Terpadu Filosofia Kubu Babussalam Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–14. Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/15787
Rittle-Johnson, B., Fyfe, E. R., McLean, L. E., & McEldoon, K. L. (2018). Emerging Understanding of Patterning in 4-Year-Olds. Journal of Cognition and Development, 14(3), 376–396. https://doi.org/10.1080/15248372.2012.689897
Saraswati, A. M., Surabaya, U. N., Pendidikan, F. I., Pendidikan, J., & Biasa, L. (2018). PENERAPAN PERMAINAN BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK AUTIS Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Program Sarjana Pendidikan Luar Biasa Oleh : ANINDA MANUELLA SARASWATI UNIVERSITAS NEGERI SURABAY. 1–15.
Seefeldt, C. & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini: Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. jakarta: Indeks.
Suyanto, S. (2005). Pembelajaran Untuk Anak TK. jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Yuliani Nurani Sujiono. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Uisa Dini.
Refbacks
- There are currently no refbacks.