MENINGKATKAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN ANAK MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS (RECYCLE) PADA ANAK KELOMPOK B BA AISYIYAH REJOSARI TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Annisa Damayanti, Warananingtyas Palupi, Ruli Hafidah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku peduli lingkungan anak pada kelompok B BA Aisyiyah Rejosari Tahun Pelajaran 2015-2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan untuk analisis data menggunakan analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perilaku peduli lingkungan pada anak kelompok B BA Aisyiyah Rejosari tshun pelajaran 2015-2016. Hasil pada pretes menunjukkan anak yang tuntas sebanyak 5% atau 1 anak dari 20 anak, dan pada pertemuan 2 siklus 2 anak yang dinyatakan tuntas sebanyak 90% atau sebanyak 18 anak dari 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan pemanfaatan barang bekas (recycle) dapat meningkatkan perilaku peduli lingkungan anak kelompok B BA Aisyiyah Rejosari tahun pelajaran 2015-2016.


Kata kunci : perilaku peduli lingkungan, pemanfaatan barang bekas.

References

Aziz, E. (2013). Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dirjen PAUDNI. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Hanafi, S H. Sujarwo. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan barang bekas di TK Kota Bima. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 2 Nomor 2.

Hanifah, Mahat, Yusri, M. S., Ngah, C. (2016). 3R Practices Among Moe Preschool Pupils Through The Environmental Education Curriculum. EDP Sciences.

Hayati, N. Seriati, N N. Nurhayati, L. (2012). Kegiatan Bermain Berbasis Art Craft bagi AUD untuk Mempromosikan Kecintaan pada Lingkungan. Jurnal Kependidikan Volume 42 Nomor 2.

Nurani, Y. (2012). Pengembangan Media Daur Ulang Berbasis Kecerdasan Jamak dalam Peningkatan Keterampilan Hidup Anak Usia Dini. Cakrawala Pendidikan Th. XXXI, No.1.

Selly, P. B. (2012). Early childhood Activities For a Greener Earth. United States of America : Redleaf Press.

Wintoko, B. (2013). Panduan Praktis Mendirikan Bank Sampah : Keuntungan Ganda Lingkungan Bersih dan Kemapanan Finansial. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.