PENERAPAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELOMPOK A TK ISLAM BAKTI IX KERTEN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014

Rusdah Rusdah, Sukarno Sukarno, Jenny I.S Poerwanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku disiplin belajar peserta
didik melalui penerapan teknik token economy pada peserta didik kelompok A TK Islam Bakti
IX Kerten Surakarta tahun ajaran 2014. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 18 peserta
didik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus
merupakan perbaikan yang didasarkan atas hasil dari refleksi siklus sebelumnya. Setiap
siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan perilaku disiplin belajar setelah diterapkan
teknik token economy pada peserta didik kelompok A TK Islam Bakti IX Kerten Surakarta
Tahun Ajaran 2014.


Keywords : perilaku, disiplin belajar, token economy

References

Fadlillah, M. & Khoirida, L.M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-

Ruzz Media.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Edisi Ke-6 jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Koesoema, D.A. (2012). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Mufidah, U. (2012). Efektivitas Pemberian Token Ekonomi Untuk Meningkatkan

Kedisiplinan Anak Usia Dini (Versi Elektronik). Journal Of Early Childhood Education

Papers. 1 (1), 1-5. ISSN 2252-6625. Diakses tanggal 10 Desember 2013, dari

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia.

Mulyani, R.R. (2013). Jurnal Sains dan Praktik Psikologi. UMM.ISSN:2303:2936.Volum 1(1)

-47.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga

Purwanta, E. (2012). Modifikasi Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta Barat: PT Indeks.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA, CV.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Suyono, H. (2011). Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Konsep Dasar. Bandung. PT

Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasioanal. Sisdiknas.

Wiyani, N.A & Barnawi (2013). Manajemen Kelas. Jogjakarta: Ar Ruzz Media Berorientasi

KTSP. Jakarta: PT Copyright.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.