PENGARUH USIA GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN LEMBAGA PAUD DI KECAMATAN GUNUNG PATI

Zulfia Khairunnisa, Neneng Tasu'ah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi mengenai usia guru TK terkait kualitas pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh usia guru TK terhadap kualitas pembelajaran pada lembaga PAUD di Kecamatan Gunung Pati Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post-facto. Data dikumpulkan melalui angket yang terdiri dari 58 butir pernyataaan yang diisi oleh 62 responden guru TK. Instrumen disusun berdasarkan enam aspek kualitas pembelajaran, yaitu kurikulum, sarana dan prasarana, pengelolaan sekolah, proses pembelajaran, kemitraan, dan evaluasi. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana untuk melihat pengaruh antara usia guru TK sebagai variabel bebas terhadap kualitas pembelajaran sebagai variabel terikat. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara usia guru TK dengan kualitas pembelajaran. Baik guru yang berusia 20-39 tahun (dewasa awal) maupun guru berusia 40-60 tahun (dewasa tengah) sama-sama menunjukkan tingkat kualitas pembelajaran yang relatif seimbang. Temuan ini memperkuat pemahaman bahwa dalam konteks pendidikan anak usia dini, kualitas pembelajaran lebih ditentukan oleh pendekatan pedagogis, sensivitas terhadap perkembangan anak, serta kemampuan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap perumusan kebijakan pengembangan profesional guru yang lebih menekankan pada kompetensi dan pendekatan pengajaran.

Keywords

Usia; Guru TK; Kualitas Pembelajaran; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Almutahar, F. F., Wardhani, N., & Rafie. (2015). Pengaruh usia, pengalaman kerja, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap produktivitas pekerja pada pekerjaan pemasangan dinding batako. Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura, 1(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/jelast.v1i1.9815

Andini, Y. T., Syarifatul Umami, Y., Afandi, A., & Ratna Pratiwi, E. (2024). Kendala implementasi kurikulum merdeka yang dihadapi guru pendidikan anak usia dini di Jember. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 036. https://doi.org/10.69552/alihsan.v5i1.2458

Anggraini, N., Nahdlatul, U., & Sumatera, U. (2024). Pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap peningkatan motivasi belajar siswa upt spf SD Negeri 104202 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang T.A. 2023/2024. Jurnal Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 169–173.

Arbuckle, J., & Williams, B. D. (2003). Students’ perceptions of expressiveness: age and gender effects on teacher evaluations. Sex Roles, 49(9), 507–516. https://doi.org/10.1023/A:1025832707002

Bungai, J., & Perdana, I. (2017). Evaluation of teachers’ performance based on group of age in implementing learning process in central kalimantan. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 158(1), 392–398. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.92

Fitri, S., Maswany, M., & Eca, G. (2024). Problematika guru paud dalam pengembangan profesi dilihat dari penerapan kurikulum merdeka. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).

Fitriani, S, M., & Rijal, A. (2024). Pengaruh pemahaman kurikulum 2013 terhadap kinerja guru SMAN 8 Sinjai. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 7761–7769. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29863

Hanif, H. R. R., Kamariyah, & Yusnilawati. (2023). Overview of the level of independence of the elderly in fulfillment of daily activities at tresna social health center werdha nobility jambi province year 2023. Jurnal Pinang Masak, 2(1), 42–51. https://doi.org/10.22437/jpima.v2i1.26810

Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of Behavioral Research. Lee. Australia: Wadsworth.

Kindi, M. T. A. Al, & Mahardika, I. M. S. U. (2023). Pengaruh faktor usia dan pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru PJOK SMP Negeri dan SMA Negeri di Kabupaten Kediri Jawa Timur. JPO: Jurnal Prestasi Olahraga, 7(2), 75–79. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jpo.v7i2.59445

Marfuah, I., Mentari, E. G., & Oktavia, P. (2023). Problematika guru paud dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–11. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/tarbiyahjurnal

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, F., Tanjung, K. H., Rahayu, A. H., Sari, I. P., & Yulianti, N. (2023). Peran keterampilan dasar mengajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di pendidikan anak usia dini. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 113–120. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i1.4613

Palupi, N. K., Yanzi, H., & Pitoewas, B. (2015). Pengaruh faktor usia terhadap minat dan kemampuan guru ppkn dalam penggunaan tik. Jurnal Kultur Demokrasi, 3(6). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/9149

Permana, A. I., & Eliza, D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru taman kanak-kanak. Jurnal Basicedu, 6(3), 5226–5236. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2824

Pranoto, Y. K. S., Utami, D. R. F., Latiana, L., & Ahmadi, F. (2021). Do teachers’ experiences and ages contribute to their teaching performance? Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, Been 2012, 3515–3522. https://doi.org/10.46254/an11.20210629

Rachmadian, R. H., Setyaningrum, S. N., Azifah, Z., Nurhijjah, S., Pratama, S. A. R., & Soekamto, H. (2023). Pengaruh usia dan latar belakang pendidikan guru terhadap keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(9), 932–939. https://doi.org/10.17977/um063v3i9p932-939

Rusydiana, D. R. (2021). Pengaruh usia guru pengalaman mengajar dan tingkat pendidikan guru terhadap profesionalitas kinerja guru di MTS Al-urwatul Wustqo Bulurejo Diwek Jombang. Proceedings of International Conference On Islam Education Management and Sharia Economics, 2(1), 15–30.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno. (2004). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Wahyuningrum, S., Ekasari, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., Rusmayani, N. G. (2023). Analisis efektivitas penggunaan teknologi dalam pendidikan terhadap peningkatan hasil belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908

Yamin, M., & Maisah. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.