PERMAINAN MISTERI DADU EKSPRESI INOVASI EDUKATIF DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI

Nuriskha Wira Alginurindha, Epritha Kurnia Wati, Ayu Titis Rukmana Sari

Abstract

Permasalahan pembelajaran dalam meningkatkan pendidikan karakter peserta didik khususnya pada kemampuan kerjasama masih terbatas. Permasalahan tersebut terlihat pada proses pembelajaran berlangsung yakni masih menggunakan LKPD, minimnya kemampuan kerjasama anak dalam pembelajaran berbasis kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan "Misteri Dadu Ekspresi" untuk meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini, khususnya dalam aspek kerjasama. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan lima tahapan yakni: analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, dan uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Misteri Dadu Ekspresi layak digunakan, berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba kepada anak-anak di TK Dharma Wanita Punjul I. Permainan ini dirancang untuk menarik perhatian anak melalui elemen interaktif yang melibatkan aktivitas fisik, sosial-emosional, dan kognitif. Berdasarkan hasil uji coba di TK Dharma Wanita Punjul I, permainan ini berhasil meningkatkan kerjasama dan minat belajar anak dengan tingkat kelayakan 98,5%. Dengan demikian, permainan Misteri Dadu Ekspresi dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran inovatif anak untuk meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini secara menyenangkan dan edukatif.

Keywords

Pendidikan Karakter; Anak usia dini; Misteri Dadu Ekspresi; Kerjasama

References

Ali, Agus. 2023. “Pendidikan Akhlak Dan Karakter Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia.” HAWARI : Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam 2(1):38–47. doi: 10.35706/hw.v2i1.5310.

Apriyani, Nita, and Susilo Suhrahman. 2020. “Metode Bermain Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” 5(2):126–40.

Assyauqi, Moh. Iqbal. 2020. “Model Pengembangan Borg and Gall.” Institut Agama Islam Negeriegeri (December):2–8.

Devianti, Rika, Suci Lia Sari, and Indra Bangsawan. 2020. “R De.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 03(02):67–78.

Elfiyanto, Sonny. 2021. “Three Written Corrective Feedback Sources in Improving Indonesian and Japanese Students ’ Writing Achievement.” 14(3):433–50.

Fauziddin, Moh. 2016. “Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok.” Paud Tambusai Pgpaud Stk 2 Nomor 1:29–45.

Hasanah, Uswatun, and Nur Fajri. 2022. “Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini 2(2):116–26. doi: 10.51878/edukids.v2i2.1775.

Hewi, La, and Surpida Surpida. 2019. “C.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 1(2):115–28. doi: 10.15642/jeced.v1i2.468.

Karomah, Rosi Tunas, and Raden Rachmy Diana. 2023. “Pengaruh Permainan Tradisional Dayakan Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 12(1):97–105.

Prabandari, Indah Rinukti, and Fidesrinur Fidesrinur. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 1(2):96. doi: 10.36722/jaudhi.v1i2.572.

Ra, Di, and An-nur Kota Kendari. 2020. “C.” Paudia 9(1):72–81.

Salingkat, Sahrul. 2022. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP KECENDERUNGAN MINAT BELAJAR.” 2:1–7. doi: 10.37905/dej.v2i1.1316.

Sri Rezeki Agustina, Sabrina, Umul Aiman, Adi Apriadi Adiansha, Anita Nurgufriani. 2025. “Penerapan Metode Bermain Sambil Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Siswa SD.” 6:31–37.

Sundari, Risky, and Muhammad Basri. 2023. “Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Ilmiah Potensia 8(2):499–507. doi: 10.33369/jip.8.2.499-507.

Teologi, Jurnal. 2020. “Veritas Lux Mea.” 3(1):35–45.

Torang Siregar. 2023. “Stages of Research and Development Model Research and Development (R&D).” DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities 1(4):142–58. doi: 10.58355/dirosat.v1i4.48.

Wahyuni, Fitri, and Suci Midsyahri Azizah. 2020. “Bermain Dan Belajar Pada Anak Usia Dini.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan 15(01):161–79. doi: 10.37680/adabiya.v15i01.257.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.