PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN ECOPRINT
Abstract
Penelitian bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan ecoprint di salah satu TK di Pasar Kliwon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif dan kualitati dengan model Miles dan Huberman meliputi perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian yang berlangsung selama 2 siklus, dilakukan 3 kali pertemuan disetiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak usia 4-5 tahun kelompok A3 tahun pelajaran 2024/ 2025 yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini memakai teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji validitas data yang digunakan yakni triangulasi, yang berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber serta melakukan uji expert judgement. Peneliti menggunakan 3 aspek capaian kemampuan motorik halus meliputi, (1) Koordinasi mata dan tangan. (2) Menjiplak bentuk. (3) Gerakan manipulatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan terbukti bahwa pelaksanaan kegiatan ecoprint dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase rata-rata dari pratindakan sampai dengan siklus 2 sudah meningkat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan ecoprint dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun.
Keywords
References
Afifah, T. S., Sumardi, & Mulyadi, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan motorik halus melalui kegiatan montase pada anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 358– 368.
Angginingsih, N. N. N., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). upaya meningkatkan kemampuan menggunting pada anak usia dini melalui media papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 277.
Asakawa, A., & Sugimura, S. (2022). Mediating process between fine motor skills, finger gnosis, and calculation abilities in preschool children. Acta Psychologica, 231(September), 103771.
Asmawati, L. (2014). Perencanaan pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Darizal, D., Sutapa, P., Suhartini, B., Sabillah, M. I., & Annasai, F. (2023). The effect of playdough play on early childhood fine motor improvement in Yogyakarta National Kindergarten. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 06(03), 879–883.
Faridatun, F. (2022). Ecoprint ; Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1).
Jariah, A., Astini, B. N., Fahruddin, & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas penerapan teknik ecoprint untuk mengembangkan motorik halus anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 75–79.
Latifah, N., & Ismet, S. (2023). Pengaruh MembatikEcoprint Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Islam Istiqamah Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 80–87.
Majid, S. H., & Sakti, S. A. (2023). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4- 5. 03(02), 20–33.
Maretiani, D. N., Rahman, T., Muslihin, H. Y., & Kunci, K. (2021). Analisis keterampilan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Bangsa Kabupaten Ciamis. Golden Age:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 2549–8371.
Martuty, A. (2023). Pengaruh kegiatan bermain ecoprint terhadap perkembangan motorik halus anak kelompok B TK Uswatun Hasanah Kabupaten Bantaeng. 95–100.
Noviyanti, Mujidin, & Hayuningtyas, F. (2021). Kegiatan menggunitng pada anak KELOMBO B. 1(1), 789–793.
Nurjannah, & Andrisyah. (2024). Dampak Kegiatan Menggunting Dengan Pola terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Anak Usia Dini. 7(6), 633–640.
Permendikbud. (2013). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.
Permendikbud. (2014). Standar Pencapaian Perkembangan Anak.
Reviana, Meliarni, & Rina. (2023). Pengembangan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menjiplak. hubungan pengetahuan mahasiswi program studi keperawatan tentang fibroadenoma mamae (fam) terhadap perilaku sadari di fakultas kedokteran universitas tanjungpura pontianak tuty, 1(3), 3–7.
Rusdianah, R. (2023). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui permainan paper cup pada usia 4-5 tahun. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(2), 113–123.
Santi, E. (2021). Gambaran kemampuan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Sandhy Putra Banjarbaru.
Soleha, W., & Sjamsir, H. (2022). Upaya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegitan menjahit pada anak kelompok B Tk It Al-Munawwarah Long Kali Tahun Pelajaran 2021/2022. Bedumanagers Journal, 3(1), 26–32.
Subiyati, S., Rosyida, A., & Wartiono, T. (2021). Pelatihan eco-print kain kapas/cotton pada siswa SMK Tekstil Pedan. Abdi Masya, 1(2), 41–46.
Suggate, S. P., Karle, V. L., Kipfelsberger, T., & Stoeger, H. (2023). The effect of fine motor skills, handwriting, and typing on reading development. Journal of Experimental Child Psychology, 232, 105674.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryono, D. (2018). Stimulasi Aspek Perkembangan. Prenadamedia Group.
Vila, L. N., Mínguez, L. M., Ortiz, D. C., & Feliu, J. C. (2025). Psychomotricity fostering preschool pupils’ long-term learning. Thinking Skills and Creativity, 56(November 2024), 1–15.
Wia, L., Kurniati, A., & Saleh, R. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok b melalui kegiatan ecoprint di Tk It Al-Kubra Kelurahan Wanci Kabupaten Wakatobi. Jurnal Lentera Anak, 1(2), 1–6.
Refbacks
- There are currently no refbacks.