Media Bermain Mission Card untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun

Putri Nur Atika

Abstract

Kemampuan sosial emosional merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh anak. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media bermain Mission Card yang sesuai berdasarkan hasil validasi ahli materi, media, praktisi dan pengguna dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Akademika Sawojajar, Kartika IV-80, dan TK Baitul Makmur dengan sampel berjumlah 38 anak yang terdiri dari 8 anak sebagai sampel pada uji coba kelompok kecil dan 30 anak sebagai sampel pada uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli media memperoleh persentase 94,79%, ahli materi memperoleh persentase 93,75%, ahli praktisi memperoleh 84,84%. Hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 8 anak di TK Akademika Sawojajar memperoleh persentase 95,31%, sedangkan uji coba kelompok besar yang dilakukan pada 30 anak di TK Kartika IV-80 dan TK Baitul Makmur memperoleh persentase 86,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media memiliki kalayakan untuk digunakan sebagai media bermain dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun.

Keywords

Mission Card; Kemampuan Sosial Emosional

References

Affifah, Q. F., & Adib, H. S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok untuk Mengembangkan Kemampuan Sosialisasi Anak di TK Islam Bakti 1 Tipes Surakarta. ABNA : Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 55–63. https://doi.org/10.22515/abna.v3i1.5236

Astuti, M. W., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan Media Gatuko Berbasis Aplikasi Android Untuk Mengenalkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i1.948

Ayuningtyas, M., & Simatupang, N. D. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Sospoly (Sosem Monopoli) Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Cikal Cendekia, 02(02), 12–23. http://journal.upy.ac.id/index.php/CIKAL/article/view/2239

Bela Mayang Sari, S. (2024). Permainan Interaktif Sebagai Media Pembelajaran pada AnakUsiaDini. 5(1), 2049–2058. https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/1169/736

Emiliana, E., Nugraha, A. E., & Susilawati, I. (2022). Kecerdasan Emosional Menurut Goleman Dalam Perspektif Kurikulum 2013 Paud. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 16–20. https://doi.org/10.46368/.v1i2.800

Febriani Ayu Rahmawati, Nurhenti Dorlina Simatupang, S. W. (2024). Pengembangan Buku Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan. 6, 147–158.

Fitriya, A., Indriani, I., & Noor, F. A. (2022). Konsep Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1408

Herdiyana, R., Lestari, R., & Bahrum, M. (2023). Psikologi Perkembangan Sosial terhadap Emosional pada Anak Usia Dini. Banun Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23–30.

Khadijah, K., Putri, H. A., Akhiriyah, A. F., Nasution, A. Z., Pratiwi, E. S., Harahap, M. J., & Rahmawati, N. (2024). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 137–146. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2860

Khairunnisa, Khadijah, Araminta, Nabilah, & Batubara, N. S. br. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Aud. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 10353–10360. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1599/1189

Kurnita, T., Mutmainnah, M., Nessa, R., Kurniawati, R., Muna, Z., Fanny, N., Wahyuni, I. W., Rizka, S. M., Arta, K. H., & Yunisari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Aceh Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3793–3806. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1699

Kusumawati, E., & Ambarsari, R. Y. (2021). Implementasi Permainan Tradisional Untuk Mengontrol Sosial Emosional Selama Proses Pembelajaran Daring Pada Anak Usia Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 524–529. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.923

Masruroh, F., & Ramiati, E. (2022). Pembentukan Karakter Gemar Membaca Pada Anak Usia Melalui Media Buku Cerita Bergambar. International Journal Of Education Resources, 02(06), 580.

Pramesti, R. S., Wulandari, S., & Setiawan, B. (2024). Perancangan Desain Karakter pada Buku Interaktif Pengenalan Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 8(02), 53–64. https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v8i02.1006

Purba, N., Nurmairina, Adinda, U., Dhinia, N. S., & Fanjava, K. (2025). Jurnal mudabbir. Pengaruh Kegiatan Mewarnai Gambar Terhadap Motorik Anak Usia Dini Di Desa Jaharun A, Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang, 5(1).

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Putra, B. J. (2022). Teori Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4 - 6 Tahun (Ditinjau Dari Psikologi Perkembangan Anak). Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum Dan Humaniora, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.55904/histeria.v1i1.36

R. Rupnidah, D. S. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf

Rahayuningsih, T. (2024). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Siswa Kelas 2 SD Negeri 4 Jono dalam Berinteraksi dengan Teman Sebaya. 1(3), 19–26. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i3.3

Rizkia, N., Hayati, F., & Amelia, L. (2020). Analisis Penggunaan Media Pasir Kinetik Dalam Menstimulasi Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B1 Tk Pertiwi Lhoknga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–12. https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/40

Rofi’ah, U. A., Hafni, N. D., & Mursyidah, L. (2022). Sosial Emosional Anak Usia 0-6 Tahun dan Stimulasinya Menurut Teori Perkembangan. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 3(1), 41–66. https://doi.org/10.15575/azzahra.v3i1.11036

Sitti Nurhidayah Ilyas, Muhammad Yusri Bachtiar, Syamsuardi, A. Sri Wahyuni Asti, N. (2024). Efektivitas Media Tebak Gambar Dalam Menstimulasi Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Tamarunang. 1(1), 27–40.

Sulistyani, A. R., Widayati, S., & Komalasari, D. (2023). Preschool: Penggunaan Media Big Book Kalender Meja Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini. Anak Usia Dini, 4, 43–52.

Syafi’i & Solichah. (2021). Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul. Jurnal Golden Age, 5(02), 83–88. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3108

Wagiman, A., Nurmalia, A., Ramdan, A., Dewi, A., Syabina, L., Levani, A., Rahman, A., Gumelar, D. S., Putranto, D. H., Amarya, F., Tsani, H., Fauzi, M., Ramadani, N., Ahsani, R., Ratnasari, R., Sri, S., Novansyach, T. Z., Austriani, W. D., Andani, Y., … Pembelajaran, M. (2025). MEMBUAT MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MEMUDAHKAN. 01(01), 35–42.

Wahyuni, D., Sartika, I. D., & Kurnia, A. T. (2023). Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Literasi Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Tambusa, 7, 30054–30059.

Wardhani, K. K., Iriyanto, T., & Twinsari Maningtyas, R. D. (2024). Pengembangan Media Permainan Face Poly Untuk Menstimulasi Kemampuan Sosial Emosional Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 7(1), 81. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v7i1.3039

Wijaya Erik, & Nuraini Farah. (2023). Pentingnya Interaksi Sosial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 78.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.