MEDIA BERMAIN MISSION CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Kemampuan sosial emosional merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh anak. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media bermain mission card yang sesuai berdasarkan hasil validasi ahli materi, media, praktisi dan pengguna dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di 3 lembaga TK daerah Kota Malang dengan sampel berjumlah 38 anak yang terdiri dari 8 anak sebagai sampel pada uji coba kelompok kecil dan 30 anak sebagai sampel pada uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analasis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli media memperoleh persentase 94,79%, ahli materi memperoleh persentase 93,75%, ahli praktisi memperoleh 84,84%. Hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 8 anak memperoleh persentase 95,31%, sedangkan uji coba kelompok besar yang dilakukan pada 30 anak memperoleh persentase 86,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media memiliki kalayakan untuk digunakan sebagai media bermain dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Affifah, Q. F., & Adib, H. S. (2022). Implementasi model pembelajaran kelompok untuk mengembangkan kemampuan sosialisasi anak di TK Islam Bakti 1 Tipes Surakarta. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 55–63. https://doi.org/10.22515/abna.v3i1.5236.
Astuti, M. W., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan media gatuko berbasis aplikasi android untuk mengenalkan sikap tanggung jawab pada anak usia dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i1.948.
Ayuningtyas, M., & Simatupang, N. D. (2022). Pengembangan Alat permainan edukatif sospoly (sosem monopoli) untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Jurnal Cikal Cendekia, 02(02), 12–23. http://journal.upy.ac.id/index.php/CIKAL/article/view/2239.
Emiliana, E., Nugraha, A. E., & Susilawati, I. (2022). Kecerdasan emosional menurut goleman dalam perspektif kurikulum 2013 PAUD. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 16–20. https://doi.org/10.46368/.v1i2.800.
Fitriya, A., Indriani, I., & Noor, F. A. (2022). Konsep perkembangan sosial emosional anak usia dini di RA Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1408.
Hafiyah, H., & Arifin, Z. (2024). Perkembangan sosial anak dan pengaruhnya bagi pendidikan: ditinjau dari kemampuan emosional anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan dan Agama, 2(2), 21–28. https://jurnal.alimspublishing.co.id/index.php/JIPA/article/view/652/493.
Herdiyana, R., Lestari, R., & Bahrum, M. (2023). Psikologi perkembangan sosial terhadap emosional pada anak usia dini. Banun Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 23–30.
Ilyas, S. N., Bachtiar, M. Y., Syamsuard, Asti, A. S. W., & Nurwahdaniah. (2024). Efektivitas Media Tebak Gambar dalam Menstimulasi Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Tamarunang. Skripsi Sarjana, Universitas Bina Bangsa Getsempena.
Khadijah, K., Putri, H. A., Akhiriyah, A. F., Nasution, A. Z., Pratiwi, E. S., Harahap, M. J., & Rahmawati, N. (2024). Mengembangkan sosial emosional anak melalui metode bercerita. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 137–146. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2860.
Khairunnisa, Khadijah, Araminta, Nabilah, & Batubara, N. S. br. (2023). Peran guru dalam mengembangkan sosial emosional AUD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 10353–10360. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1599/1189.
Kurnita, T., Mutmainnah, M., Nessa, R., Kurniawati, R., Muna, Z., Fanny, N., Wahyuni, I. W., Rizka, S. M., Arta, K. H., & Yunisari, D. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis budaya aceh untuk pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3793–3806. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1699.
Kusumawati, E., & Ambarsari, R. Y. (2021). Implementasi Permainan tradisional untuk mengontrol sosial emosional selama proses pembelajaran daring pada anak usia sekolah dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 524–529. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.923.
Masruroh, F., & Ramiati, E. (2022). Pembentukan karakter gemar membaca pada anak usia melalui media buku cerita bergambar. International Journal Of Education Resources, 02(06), 580.
Pramesti, R. S., Wulandari, S., & Setiawan, B. (2024). Perancangan desain karakter pada buku interaktif pengenalan literasi keuangan untuk anak usia dini. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 8(02), 53–64. https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v8i02.1006.
Purba, N., Nurmairina, Adinda, U., Dhinia, N. S., & Fanjava, K. (2025). Pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap motorik anak usia dini di Desa Jaharun A, Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Mudabbir, 5(1).
Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19-32. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).
Putra, B. J. (2022). Teori perkembangan sosial emosional anak usia 4 - 6 tahun (ditinjau dari psikologi perkembangan anak). Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum dan Humaniora, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.55904/histeria.v1i1.36
R. Rupnidah, D. S. (2022). Media pembelajaran anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58.
Rahayuningsih, T. (2024). Analisis perkembangan sosial emosional siswa kelas 2 Sd Negeri 4 Jono dalam berinteraksi dengan teman sebaya. JGSD: Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(3), 19–26. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i3.3.
Rahmawati, F. A., Simatupang, N. D., & Widayati, S. (2024). Pengembangan buku interaktif untuk meningkatkan kemampuan. Indonesian Journal of Early Childhood, 6(1), 147–158.
Rizkia, N., Hayati, F., & Amelia, L. (2020). Analisis penggunaan media pasir kinetik dalam menstimulasi kecerdasan naturalis pada anak kelompok B1 Tk Pertiwi Lhoknga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–12.
Rofi’ah, U. A., Hafni, N. D., & Mursyidah, L. (2022). Sosial emosional anak usia 0-6 tahun dan stimulasinya menurut teori perkembangan. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 3(1), 41–66. https://doi.org/10.15575/azzahra.v3i1.11036.
Sari, B. M., & Suyadi. (2024). Permainan interaktif sebagai media pembelajaran pada anak usia dini. Jurnal Edukasia, 5(1), 2049–2058.
Sulistyani, A. R., Widayati, S., & Komalasari, D. (2023). Preschool: Penggunaan Media Big Book Kalender Meja Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini. Anak Usia Dini, 4, 43–52.
Syafi’i & Solichah. (2021). Asesmen perkembangan sosial emosional anak usia dini di TK Ummul Quro Talun Kidul. Jurnal Golden Age, 5(02), 83–88.
Wagiman, A., Nurmalia, A., Ramdan, A., & Levani, A. (2025). Membuat media kartu gambar untuk memudahkan guru dalam pembelajaran. PETIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 35–42.
Wahyuni, D., Sartika, I. D., & Kurnia, A. T. (2023). Meningkatkan Sosial emosional anak usia dini melalui literasi media audio visual. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 30054–30059.
Wardhani, K. K., Iriyanto, T., & Twinsari Maningtyas, R. D. (2024). Pengembangan media permainan face poly untuk menstimulasi kemampuan sosial emosional anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 7(1), 81. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v7i1.3039
Wijaya, E., & Nuraini, F. (2023). Pentingnya interaksi sosial dalam pendidikan anak usia dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 78.
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian perkembangan anak usia dini di taman kanak-kanak selama pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Refbacks
- There are currently no refbacks.