IMPLEMENTASI METODE MENDONGENG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN

Hafizah Alfinda Rahma, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Kemampuan menyimak penting dikembangan sejak dini. Namun kenyataannya, menyimak masih menjadi salah satu kemampuan yang sering terabaikan sehingga kemampuan menyimaknya belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun melalui penerapan metode mendongeng menggunakan media big book. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan model spiral Kemmis & Mc Taggart dan subjek penelitian ini sebanyak 15 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data kualitatif menggunakan teknik triangulasi, sedangkan uji validitas data kualitatif menggunakan uji validitas konstruk dan uji validitas isi yang dilakukan melalui expert judgment. Teknik analisis data kualitatif menggunakan analisis interaktif, sedangkan data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan metode mendongeng menggunakan media big book, kemampuan menyimak anak mengalami peningkatan pada setiap indikatornya, yaitu pada indikator menjawab pertanyaan secara tepat sesuai dengan judul dan nilai yang terkandung dalam cerita sebesar 82,2%, pada indikator menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita sebesar 82,2%, pada indikator menceritakan kembali alur cerita sebesar 75,7%, dan pada indikator mengutarakan pendapatnya setelah mendengarkan cerita sebesar 84,4%. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mendongeng menggunakan media big book dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun.

Keywords

kemampuan menyimak; mendongeng; big book; anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Aji, R. H. S. (2021). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1), 87-93. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/65011

Annisa, A., Musi, M. A., & Amal, A. (2022). Pengaruh metode bercerita menggunakan media pop-up book terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Mentari Kabupaten Takalar. Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/alihsan/article/view/1122

Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–44. https://doi.org/10.19109/ra.v3i1.3170

Azminah, S. N. (2018). Meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita pada anak kelompok A di TK Siti Khodijah Pucuk Lamongan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3686

Dewi, N. W. R. (2021). Membangun komunikasi dan perkembangan bahasa anak usia dini melalui metode mendongeng. Ilmu Pendidikan, 1(3), 103. Retrieved from http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/77

Dini, A., & Aulia. (2022). Aspek kemampuan menyimak anak usia dini. Jurnal Paud Emas, 1(2), 18–27.

Handayani, S. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan literasi awal melalui media big book. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara PAUD-007, 1-7. Retrieved from http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php

Hartati, S., Damayanti, E., Rusdi T, M., & Patiung, D. (2021). Peran metode bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 74–86. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.10513

Hikmatuzzohrah, S., Habibi, M. A. M., Fahruddin, F., & Suarta, I. N. (2022). Penerapan Permainan Pesan Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Kelompok B di RA Hidayatul Ikhsan NW Tebaban. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1058–1065. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.672

Imamah, N. (2020). Penerapan Media Big Book Terhadap Kemampuan Literasi Dini di RA Tarbiyatul Athhfal Sendangayu Kecamatan Padangratu Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Islam Raden Intan Lampung.

Ismail, F., Darwis, M. A., Halifah, S.(2022). Meningkatkan keterampilan menyimak melalui metode mendongeng menggunakan media kertas gambar pada usia anak kelompok B di TK Grand Laugi Parepare, Anakta. 1–5. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/anakta_piaud/article/view/3299

Latifah, A. (2020). Pembuatan dan Penggunaan media big book untuk membentuk anak usia dini senang membaca. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(20), https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/7310

Ningsih, H. D., & Windasari, I. W. (2022). Penerapan media bigbook untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak usia 4-5 tahun di Raudhatul Athfal Miftahul Ulum Jatisari. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 37–46. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6541.

Nurdiarti, R., & Prabowo, R. (2021). Komunikasi verbal dan nonverbal dalam kegiatan mendongeng di Rumah Dongeng Yogyakarta. Tuturlogi, 02(01), 77–88. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.002.01.6

Pattiasina, P. J., Fatmawati, E., & Wulandari, M. (2022). Penggunaan metode mendongeng dalam menumbuhkan minat baca anak usia dini. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1049

Prasiwi, A. A. (2018). Meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita pada anak usia dini. Paedagogie, 13(2), 43–50. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i2.2363

Rahmat, A. S., & Sumira, D. Z. (2020). Peningkatan kemampuan menyimak dasar melalui metode mendongeng interaktif komunikatif. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 10–20. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20862

Rahmat, A., & Mamonto, E. (2016). Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Selatan Gorontalo. https://journal.unnes.ac.id/sju/jnfc/article/view/9728.

Retyuningsih, Nur, A., & Fitri, A. W. (2023). Pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan menyimak pada anak usia 5-6 tahun. Teacher Education, 4(3), 74–84.

Rukiyah, R. (2018). Dongeng, mendongeng, dan manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106

Soffianingrum, I. (2021). Mengembangkan Praktik Literasi PAUD ditinjau dari Pengalaman Mengajar Guru. Seminar Nasional Pendidikan LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, (Desember), 182–190.

Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita sederhana untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak. Preschool, 1(1), 53–59. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.