PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA E-BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN

Anugrah Sari Setoresmi, Anayanti Rahmawati

Abstract

Keterampilan menyimak merupakan aspek penting dalam perkembangan bahasa anak usia dini, namun masih banyak anak usia 5-6 tahun yang mengalami kesulitan dalam memahami dan merespons informasi secara lisan. Penggunaan media e-book dalam metode bercerita menawarkan alternatif pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest pada satu kelompok di TK PAUD Negeri Kartini untuk mengukur efektivitas media e-book dalam meningkatkan keterampilan menyimak anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dari skor rata-rata pretest 11,33 menjadi 21,08 pada posttest, dengan uji statistik paired sample t-test menunjukkan nilai signifikan 0,000 (p < 0,05). Indikator keterampilan menyimak, seperti kemampuan mengungkapkan tema, tokoh cerita, waktu, serta menceritakan kembali, mengalami peningkatan yang mencolok. Efektivitas media e-book didukung oleh visualisasi menarik, fitur audio interaktif, dan keterlibatan aktif anak selama pembelajaran, sehingga dapat diintegrasikan dalam metode bercerita untuk mendukung perkembangan keterampilan menyimak anak usia dini.

Keywords

Anak Usia Dini, Keterampilan Menyimak, Media e-book, Metode Bercerita

Refbacks

  • There are currently no refbacks.