PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MEDIA E-BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN

Anugrah Sari Setoresmi, Anayanti Rahmawati

Abstract

Keterampilan menyimak merupakan aspek penting dalam perkembangan bahasa anak usia dini, namun masih banyak anak usia 5–6 tahun yang mengalami kesulitan dalam memahami dan merespons informasi secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan media e-book terhadap keterampilan menyimak anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-posttest satu kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 anak usia 5–6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan instrumen berupa rubrik penilaian keterampilan menyimak. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat (uji normalitas) dan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata keterampilan menyimak dari pre-test sebesar 11,33 menjadi 21,08 pada post-test (p < 0,05). Media e-book terbukti efektif meningkatkan kemampuan menyimak anak melalui visualisasi menarik dan audio interaktif. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan agar pendidik dapat mempertimbangkan pemanfaatan media digital interaktif, seperti e-book, dalam metode bercerita sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan bermakna bagi anak usia dini.

Keywords

Anak Usia Dini, Keterampilan Menyimak, Media e-book, Metode Bercerita

Full Text:

PDF

References

Amirah, N. (2023). Meningkatkan kemampuan menyimak pada anak usia dini melalui kegiatan digital storytelling. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1348.

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha.

Ernawati, N., & Rasna, I. (2020). Menumbuhkan keterampilan menyimak peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa, 9(2), 103–112.

Faizah, Z. (2024). Analisis ketrampilan menyimak untuk menunjang pengembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di PAUD Nurul Huda Karangtalok. 2009, 889–897.

Fitri, D., Marhun, M., & Inten, D. N. (2022). Meningkatkan kemampuan menyimak melalui penggunaan media buku cerita bergambar anak usia 5-6 tahun di TK Riyadhul Ulfah. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 79–86. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3545.

Fuadah, M., Rizki Tiara, D., & Pratiwi, E. (2022). Pengaruh dongeng digital dalam meningkatkan keterampilan menyimak anak usia 5 – 6 tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 301–309. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1974.

Hidayah, F. (2023). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Perspektif Psikologi Belajar dan Pendidikan Islam. Skripsi Sarjana, Universitas Islam Indonesia.

Julzia, D. (2023). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6508.

Khaerunissa, F. (2023). Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Pop-Up Book. Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Muliarta, I. K. D. (2024). Book creator sebagai media dalam pembelajaran. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 13(November), 54–62. https://doi.org/10.59672/stilistika.v13i1.3919.

Munar, A. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155. http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207

Mursyiddah, D. A., Apriliya, S., Anggraeni, S., Aulina, T., & Puspita, R. D. (2024). Upaya meningkatkan kemampuan menceritakan kembali pada siswa kelas 4 dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. JESA: Jurnal Edukasi Sebelas April, 8(2), 145–154.

Ningrum, I. L., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Pengaruh media lift the flap book terhadap keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 20–30. https://jurnal.uns.ac.id/kumara.

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran berbasis media digital pada anak usia dini di era revolusi industri 4.0 : Studi literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.

Rosyidi, A. A., Octaviana, E. N., & Hafidah, R. (2022). Meningkatkan keterampilan menyimak pada anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 6(1), 44. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i1.27521.

Satriana, M., Haryani, W., Jafar, F. S., Maghfirah, F., Sagita, A. D. N., Sopia, S., & Septiani, F. A. (2022). Media pembelajaran digital dalam menstimulasi keterampilan literasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 408–414.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Valentina, N. P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Role Playing Tema Keluargaku Subtema Profesi Pada Anak Kelompok B TK Kumara Loka Denpasar. Skripsi Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Refbacks

  • There are currently no refbacks.