Improving Problem Solving Abilities Through Ludo Games In Children Aged 5-6 Years At Primary Kindergarten VI Surakarta
Abstract
Keywords
References
Angguntari, Y. P. (2019). Pengembangan Papan Permainan Ludo sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Kompetensi Dasar Menganalisis Persyaratan Personil Administrasi Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/2946 2/26984
Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728
Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487
Fatmaningsih, S. (2022). Pengaruh Permainan Papan Flanel dan Ludo Geometri Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Islam An-Nur Tanjung Morawa.
Fina Fauziyah, R., Yusuf Sobri, A., Ishaq, M., & Arifin, I. (2024). Pengembangan Game Aplikasi Ludo Growth of Tree untuk Pengetahuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Jawati, R. (2013). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI
PERMAINAN LUDO GEOMETRI DI PAUD HABIBUL UMMI II. Jurnal
Pendidikan Luar Sekolah, 1, 250–263.
https://doi.org/https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1537
Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 9, Issue 2).
https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034
Munawwirah, B., Parwoto, P., & Ilyas, S. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Puzzle Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5 -6 Tahun. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 17. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.19634
Nisa, A. C. (2024). 2023 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline Penerapan Media Permainan Ludo Berbasis Konvensional Terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Harapan Ibu Jakarta Islamic 2023 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 252–264.
Pollarolo, E., Papavlasopoulou, S., Granone, F., & Reikerås, E. (2024). Play with coding toys in early childhood education and Care: Teachers’ pedagogical Strategies, views and impact on children’s development a systematic literature review. Entertainment Computing, 50(September 2023), 100637.
https://doi.org/10.1016/j.entcom.2024.100637
Qowiyah, S. H. (2020). Analisis kecerdasan interpersonal anak kelompok b. 11(2), 96–101.
Ratna, S., & Imamah, I. (2023). Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini melalui Bermain Puzzle pada PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7913–7924. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5868
Rinjani, B. R., Dini, A. U., Khalda, F., Putri, K., & Sulistyowati, W. (2023). Strategi Pembelajaran Dalam Menstimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Usia Dini. 1(04), 145–156.
Ruskandi, K., & Hendra, H. (2016). Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 10(2), 66–73.
https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3184
Saleem, S., Burns, S., & Perlman, M. (2024). Cultivating young minds: Exploring the relationship between child socio-emotional competence, early childhood education and care quality, creativity and self-directed learning. Learning and Individual Differences, 111(July 2023), 102440.
https://doi.org/10.1016/j.lindif.2024.102440
Sari, S. R. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbasis Permainan Ludo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Kelas XI SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2).
Sjöberg, J., & Brooks, E. (2022). Jurnal Internasional Interaksi Anak-Komputer Interaksi kolaboratif dalam kegiatan pemecahan masalah : Orientasi anak sekolah saat mengembangkan desain game digital menggunakan teknologi smart mobile. International Journal of Child-Computer Interaction, 33(September 2022), 100456.
Su, J., & Yang, W. (2023). A systematic review of integrating computational thinking in early childhood education. Computers and Education Open, 4(December 2022), 100122. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2023.100122
Suryani, I. (2020). Pengenalan binatang ternak melalui eksplorasi lingkungan untuk peningkatan pengetahuan sains anak usia dini. Jurnal Ceria (Cerdas, Energik, Responsif, Inovatif, Adaptif), 3(2), 137–144.
Utami, L. O., Utami, S., Sarumpaet, N., Pgpaud, ), & Siliwangi, I. (2017). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Tunas Siliwangi, 3(2), 175–180.
https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p175-180.649
Wondal, R., Samad, R., & Kore, D. (2020). Cahaya Paud Peran Permainan Ludo Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(Nomor 1), 106–116.
https://doi.org/https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i2.2068
Refbacks
- There are currently no refbacks.