MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING MELALUI LUDO GAME PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Khairunnisa Putri Margarany, Anjar Fitrianingtyas

Abstract

Metode pengajaran tradisional yang kurang menarik dan efektif mengakibatkan anak-anak merasa bosan dan kurang terlibat dalam proses belajar. Metode pengajaran tradisional sering kali fokus pada aspek teori daripada praktik yang memengaruhi keterampilan penting, seperti kemampuan problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan problem solving anak usia 5-6 tahun di TK di Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta menggunakan aplikasi ludo game. Jenis penelitian dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah anak 15 orang, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer (anak dan guru) dan sumber data sekunder (arsip dan RPPH). Teknik pengumpulan data melalui observasi proses dan skala penilaian, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data kuantitatif menggunakan uji validitas isi yang dibantu dengan kisi-kisi instrumen. Uji validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Indikator penelitian kemampuan problem solving anak meningkat yaitu mengidentifikasi masalah, mengeksplorasi, memilih strategi, menerapkan strategi, dan merefleksikan solusi. Hasil siklus 1 tuntas 46,67%, di siklus 2 mencapai 73,34%, sedangkan siklus 3 mencapai hasil 86,67%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan problem solving pada anak usia 5-6 tahun di TK daerah Kota Surakarta dapat ditingkatkan melalui permainan ludo game.

Keywords

problem solving, ludo game, early childhood

Full Text:

PDF

References

Angguntari, Y. P. (2019). Pengembangan papan permainan ludo sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar menganalisis persyaratan personil administrasi kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 1–8.

Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media pembelajaran berbasis teknologi: Apakah memiliki pengaruh terhadap peningkatan kreativitas pada anak usia dini? Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728.

Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan tradisional engklek dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487.

Fatmaningsih, S. (2022). Pengaruh Permainan Papan Flanel dan Ludo Geometri Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Islam An-Nur Tanjung Morawa. Skripsi Sarjana, Universitas Medan Area.

Fauziyah, F. R., Yusuf Sobri, A., Ishaq, M., & Arifin, I. (2024). Pengembangan game aplikasi ludo growth of tree untuk pengetahuan sains anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Hasriadi, H. (2022). Metode pembelajaran inovatif di era digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.

Jawati, R. (2013). Peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan ludo geometri di PAUD Habibul Ummi II. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1, 250–263. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1537.

Lestari, L. D. (2020). Pentingnya mendidik problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034.

Munawwirah, B., Parwoto, P., & Ilyas, S. N. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem solving dengan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak usia 5 -6 tahun. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 17. https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.19634.

Nisa, A. C. (2024). Penerapan media permainan ludo berbasis konvensional terhadap minat belajar bahasa indonesia kelas VIII SMP Harapan Ibu Jakarta. Islamic Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(4), 252–264.

Pollarolo, E., Papavlasopoulou, S., Granone, F., & Reikerås, E. (2024). Play with coding toys in early childhood education and Care: Teachers’ pedagogical Strategies, views and impact on children’s development a systematic literature review. Entertainment Computing, 50, 100637. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2024.100637.

Qowiyah, S. H. (2020). Analisis kecerdasan interpersonal anak kelompok B. 11(2), 96– 101.

Ratna, S., & Imamah, I. (2023). Kemampuan problem solving anak usia dini melalui bermain puzzle pada PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7913–7924. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5868.

Ruskandi, K., & Hendra, H. (2016). Penerapan metode problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran ips di sekolah dasar. Metodik Didaktik, 10(2), 66–73. https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3184.

Saleem, S., Burns, S., & Perlman, M. (2024). Cultivating young minds: Exploring the relationship between child socio-emotional competence, early childhood education and care quality, creativity and self-directed learning. Learning and Individual Differences, 111, 102440. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2024.102440.

Sari, S. R. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) berbasis permainan ludo untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perekayasaan sistem antena kelas XI SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2).

Sjöberg, J., & Brooks, E. (2022). Orientasi anak sekolah saat mengembangkan desain game digital menggunakan teknologi smart mobile. International Journal of Child-Computer Interaction, 33.

Su, J., & Yang, W. (2023). A systematic review of integrating computational thinking in early childhood education. Computers and Education Open, 4(December 2022), 100122. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2023.100122.

Suryani, I. (2020). Pengenalan binatang ternak melalui eksplorasi lingkungan untuk peningkatan pengetahuan sains anak usia dini. Jurnal Ceria (Cerdas, Energik, Responsif, Inovatif, Adaptif), 3(2), 137–144.

Utami, L. O., Utami, S., Sarumpaet, N., Pgpaud, ), & Siliwangi, I. (2017). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Tunas Siliwangi, 3(2), 175–180. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p175-180.649 .

Wondal, R., Samad, R., & Kore, D. (2020). Cahaya Paud Peran Permainan Ludo Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(Nomor 1), 106–116. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i2.2068 .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.