Tren Layanan Perpustakaan Untuk Pemustaka Milenial

Agung Nugrohoadhi

Abstract


Karakteristik pemustaka era mileneal  perlu dipahami oleh perpustakaan dengan layanan-layanan yang dapat mendukung aktivitas mereka. Dalam sebuah perguruan tinggi, keberadaan perpustakaan merupakan sumber informasi sebagai rujukan dalam setiap penyelesaian rujukan yang mereka ingin ketahui. Akses informasi secara cepat dan keakuratan yang diberikan merupakan kekuatan utama sebuah perpustakaan dalam melayani pemustaka millineal sehingga jangan sampai mereka justru mencari rujukan dari sumber informasi yang kurang dapat dipertanggungjawabkan.Semua itu harus dimulai dengan niat sepenuh hati untuk memberikan layanan sepenuh hati. Menjadi teladan bagi diri sendiri  adalah contoh terbaik bagi pustakawan milenial di era digital. Semua yang tidak disukai oleh para pemustaka harus segera diubah menjadi semua hal yang disukai dan diperlukan oleh para pemustaka. Bekal utama yang harus dimilkiki oleh para pemustaka adalah sikap ramah kepada semua pemustaka pada semua kondisi.   Hal inilah yang selalau diharapkan dan dirindukan oleh para pemustaka di era digital dan revolusi industri 4.0. Setiap pustakawan harus dapat mengevaluasi diri sendiri posisinya saat ini di mana dan seperti apa kompetensinya dibandingkan dengan pustakawan lainnya. Dengan  kehadiran mereka akan menambah kesemarakan iklim akademis yang  merupakan tugas  sebuah perguruan tinggi untuk menghasilkan sarjana milineal yang tanggap dan tangguh dalam menghadapi setiap perubahan yang akan terus terjadi . Tugas ini akan menjadi salah satu tugas besar bagi pustakawan untuk selalu cepat menghadirkan  dan tepat dalam memberikan informasi bagi setiap layanan bagi mereka.

Keywords


library services; millenial

Full Text:

PDF
rticle

References


Cahyono, Teguh Yudi .2017. Seperti dikutip Bondhan Endriawan. Kepustakawanan Era Digital Dalam Memberikan Layanan Prima Kepada Pemustaka diakses dari http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/kepustakawanan-Era-Digital.pdf. Haryati, Sri. 2019. Pemacu tumbuh kembang budaya literasi di era revolusi industry 4.0 t Pustaka Rumah Cinta Itmanudin.2019. Strategi Kolaboratif Ikatan Pustakawan Indonesia Jawa Tengah untuk Pustakawan Unggul di Era Disrupsi. Makalah dalam Seminar Nasional Perpustakaan Strategi Kolaboratif untuk SDM Unggul di Era Industri 4.0 diselenggarakan ISI Surakarta 27 November 2019 Kamil, Harkrisyati. Perpustakaan dan Profesi Pusakawan dalam Noorika Retno Widuri.2015. Program Pustakawan Pendamping Masyarakat Menuju Masyarakat Cerdas Informasi dan Teknologi. Bunga Rampai Pengembangan Perpustakaan dan Profesi Pustakawan Sebagai Pusat Sumber Belajar di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Putri , Atika Tiara. 2019. Aplikasi Fasilitas dan suasana Interior Perpustakaan Berdasarakan Karakteristik dan Kebutuhan Ginerasi Milenial. Jurnal online Pustaka Loka Vol 11 No 1. IAIN Ponorogo Rohmadi, Mohammad . 2019. Menjadi Pustakawan Milenial yang Prima dan Unggul di Era Digital dan Revolusi Industri 4.0,. Makalah Seminar Nasional Pemacu Tumbuh Kembang Budaya Literasi di Era Revolusi Industri 4.0 diselenggarakan Universitas Tidar Magelang 18 September 2019 Suwarno, Wiji. 2010. Ilmu perpustakaan dan Kode etik Pustakawan, Yogyakarta, Arruz Media.




DOI: https://doi.org/10.20961/jpi.v6i1.40986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Jurnal Pustaka Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.