Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Pustaka Ilmiah?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Jurnal Pustaka Ilmiah (JPI) menerima tulisan/artikel di bidang perpustakaan, dokumentasi, dan informasi, berupa karangan asli, hasil penelitian, kajian teori, resensi buku.

Template untuk penulisan artikel bisa diunduh di sini. 

Ketentuan penulisan adalah sebagai berikut:

1. Naskah yang dikirim adalah naskah asli hasil karya sendiri, bukan jiplakan, belum pernah dipublikasikan di media cetak dan online, artikel bukan terjemahan, menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sistematika penulisan:

  • Halaman judul: judul diketik dengan huruf kapital pada awal kalimat (tidak lebih dari 15 kata), nama penulis (tanpa gelar), foto penulis, nama instansi/lembaga, alamat email dan nomor Hp.
  • Abstrak (200 kata) berbahasa Indonesia dan Inggris
  • Pendahuluan (berisi latar belakang masalah, permasalahan, tujuan, dan kajian isi).
  • Metode penelitian (untuk artikel hasil penelitian)
  • Pembahasan
  • Penutup
  • Daftar pustaka (menuliskan sitasi yang dicantumkan dalam daftar pustaka)

2. Naskah ditulis menggunakan format MS Word 2003/2007, ukuran kertas A4, huruf tipe Times New Roman ukuran 12, spasi 1,5 dengan batas margin kiri dan atas 4 cm, kanan dan bawah 3 cm.

3. Jumlah halaman antara 10-15 halaman, dengan gaya selingkung APA style

4. Naskah dikirim ke email: jurnal.pustaka.ilmiah@mail.uns.ac.id

5. Redaksi berhak menyunting naskah sepanjang tidak mengubah maksud dan isi naskah

6. Naskah yang masuk menjadi hak milik redaksi, kecuali atas permintaan penulis naskah yang tidak dimuat diambil kembali

7. Tulisan dalam Jurnal Pustaka Ilmiah merupakan pandangan/pendapat pribadi masing-masing penulis

8. Bagi penulis yang artikelnya dimuat akan diberitahukan oleh Tim Redaksi; dan dimohon untuk mengganti ongkos cetak sebesar Rp. 200.000,-

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is 1,5 lines-spaced; uses a 12-point Times New Roman font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.