STRATEGI KEPEMIMPINAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI MENGHADAPI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

Supriyana Supriyana

Abstract


Perpustakaan perguruan tinggi dihadapkan dengan berbagai tantangan seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Ada lima tantangan yang dihadapi oleh perpustakaan yakni hubungan antara perpustakaan dengan masyarakat kampus, penggunaan anggaran perpustakaan, menjaga pustakawan mengikuti perkembangan teknologi informasi; dan menjaga keseimbangan antara koleksi digital dan bahan cetak dan berbagai layanan yang ada di perpustakaan. Pemimpin perpustakaan perguruan tinggi dituntut untuk mempunyai visi, harus berintegritas/ kejujuran, dapat diajak untuk bekerja sama, mempunyai keterampilan kepemimpinan dan keterampilan dalam bidang manajemen serta dituntut terampil dalam berkomunikasi. Agar kepemimpinan perpustakaan dapat efektif maka diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Ledakan informasi teknologi, sumber daya dan layanan menuntut peningkatan tingkat layanan. Hal yang demikian tentunya membutuhkan pemimpin perpustakaan yang memiliki kompetensi dan pengetahuan baru yang selalu meningkatkan keahlian profesi untuk kelayakan profesi serta perlunya pengembangan keterampilan.


Keywords


leadership; university library; ICT

Full Text:

PDF
rticle

References


Binh P. Le, (2016) “Choosing to lead: Success characteristics of Asian American academic library leaders”, Library Management, Vol. 37 Issue: 1/2, pp.81-90 Mohammad Aslam, (2018) “Current trends and issues affecting academic libraries and leadership skills”, Library Management, Vol. 39 No. 1/2, pp. 78-92 Irawaty A. Kahar, (2008) ”Konsep Kepemimpinan dalam Perubahan Organisasi (Organizational Change) pada Perpustakaan Perguruan Tinggi”, Pustaha: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, Vol.4, No.1, Juni Binh P. Le, (2015) “Academic library leadership in the digital age”, Library Management, Vol. 36 Issue: 4/5, pp.300-314, Gary Fitsimmons, (2007) “ THE SMALL ACADEMIC LIBRARY PERSPECTIVE Library Leadership “, The Bottom Line: Managing Library Finances, Vol. 20 No. 4, pp. 172-173




DOI: https://doi.org/10.20961/jpi.v5i1.33964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
Jurnal Pustaka Ilmiah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.