Studi Kepustakaan Implementasi Layanan Konseling dalam Mengurangi Perilaku Phubbing

Dyan Larasati Kurniawan, Asrowi Asrowi, Citra Tectona Suryawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk pendekatan layanan konseling yang dapat digunakan dalam upaya mereduksi perilaku phubbing peserta didik di sekolah dan (2) mendeskripsikan keberhasilan layanan konseling dalam membantu mengurangi perilaku phubbing pada peserta didik di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Sumber data penelitian yang digunakan adalah 10 bahan pustaka berupa artikel, jurnal, dan tesis yang diterbitkan dalam 7 tahun terakhir yaitu pada tahun 2018 hingga tahun 2024 berkaitan dengan topik penelitian yang dikaji. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi atau analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, bentuk pendekatan layanan konseling dalam mengurangi perilaku phubbing sangat beragam namun secara keseluruhan berfokus pada terapi kognitif dan terapi perilaku. Pendekatan yang sering diterapkan adalah pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT). Beberapa penelitian lain juga menerapkan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Solution Focus Brief Therapy (SFBT), Realita, serta beberapa metode dan teknik-teknik konseling yang dapat disesuaikan dengan pendekatan konseling lainnya. Kedua, keberhasilan layanan konseling melalui pendekatan-pendekatan konseling untuk mengurangi phubbing telah banyak dibuktikan oleh penelitian-penelitian sebelumnya berdasarkan sumber data yang dikaji dan secara signifikan berhasil menurunkan tingkat perilaku phubbing peserta didik. Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah sebagai referensi bagi guru bimbingan dan konseling untuk mengembangkan program intervensi konseling terkait perilaku phubbing yang diterapkan dengan memanfaatkan pendekatan-pendekatan dalam konseling, bagi peneliti lain sebagai sumber informasi atau pertimbangan untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang layanan konseling terkait perilaku phubbing peserta didik.

Keywords

Konseling; Perilaku phubbing; Literatur Review

Full Text:

PDF

References

Aditia, R. (2021). Fenomena Phubbing: Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.4034

Ainia, R. E. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Realitas Berbasis Islami untuk Mereduksi Perilaku Phubbing Siswa Madrasah Aliyah Darul Ulum Kotabaru. In idr.uin-antasari.ac.id.

Alligood, M. R. (2014). Nursing Theorists and Their Work (8th edn)Alligood, M. R. (2014). Nursing Theorists and Their Work (8th edn). Nursing Theorists and Their Work (8th edn). http://doi.org/10.5172/conu.2007.24.1.106a. Nursing Theorists and Their Work (8th Edn).

Anggi, RJ. (2023). Pengaruh Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Behavior Contract dalam Mengurangi Perilaku Phubbing Peserta Didik di SMPN 08 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2016). How “phubbing” becomes the norm: The antecedents and consequences of snubbing via smartphone. Computers in Human Behavior, 63. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.018

Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2018). The effects of “phubbing” on social interaction. Journal of Applied Social Psychology, 48(6). https://doi.org/10.1111/jasp.12506

Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Antropologi Indonesia, 0(52). https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3318

Fitriana, M., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2023). The Effectiveness of CBT Group Counseling with a Cognitive Restructuring Technique to Reduce Students ’ Smartphone Usage Problems. 12(2), 100–105.

Hapsari, L. R. (2021). Keefektifan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy untuk Mengurangi Perilaku Phubbing pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 5(1).

Hamu, AH. (2019). Pengaruh Cognitive Commitment Behavioral Therapy Terhadap Pencegahan Phubbing pada Remaja di Kota Kupang. https://repository.unair.ac.id/92970/

Kamil, A., Sutoyo, A., & Purwanto, E. (2023). The effectiveness of cognitive behavioral counseling with a self-management technique to reduce students smartphone addiction and phubbing. Jurnal Bimbingan Konseling, 12(3), 194–200.

Karadaǧ, E., Tosuntaş, Ş. B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., Şahin, B. M., Çulha, I., & Babadaǧ, B. (2015). Determinants of phubbing, which is the sum of many virtual addictions: A structural equation model. Journal of Behavioral Addictions, 4(2). https://doi.org/10.1556/2006.4.2015.005

Kim, H. (2013). Exercise rehabilitation for smartphone addiction. Journal of Exercise Rehabilitation, 9(6). https://doi.org/10.12965/jer.130080

Liu, J., Nie, J., & Wang, Y. (2017). Effects of group counseling programs, cognitive behavioral therapy, and sports intervention on internet addiction in east Asia: A systematic review and meta-analysis. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 14, Issue 12). https://doi.org/10.3390/ijerph14121470

Shinda Damayanti, N., Mutakin, F., & Nur Budiono, A. (2024). Mengurangi Perilaku Phubbing Melalui Konseling Kelompok dengan Metode Brainstorming. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 7(1), 74–88. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v7i1.2505

Solecki, S. (2022). The phubbing phenomenon: The impact on parent-child relationships. Journal of Pediatric Nursing, 62. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2021.09.027

Suharsimi Arikunto. (2015). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto. In Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya (Vol. 18, Issue 1).

Syafaruddin, dkk. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling Telaah Konsep, Teori Dan Praktik. In Perdana Publishing.

Youarti, I. E., & Hidayah, N. (2018). Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1). https://doi.org/10.26638/jfk.553.2099

Young, K. S. (2013). Treatment outcomes using CBT-IA with Internet-addicted patients. Journal of Behavioral Addictions, 2(4). https://doi.org/10.1556/JBA.2.2013.4.3

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan - Mestika Zed - Google Buku. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.