Peningkatan Tanggung Jawab Belajar sebagai Fungsi dari Konseling Kelompok Realita

Dwi Purwanti, Siti Sutarmi Fadhilah, Ma'rifatin Indah Kholili

Abstract

Abstract: This study aims to increase students' learning responsibility by testing the effectiveness of reality group counseling. This experimental study used a nonequivalent control group design. Data collection uses a learning responsibility scale. The research subject selection technique used purposive sampling: students with low learning responsibilities—data analysis using Mann Whitney. The results showed a significant difference in gain score between the experimental group and the control group with a p-value of 0.004 (0.004 <0.05). It can be concluded that students' learning responsibilities have increased after being given the reality group counseling treatment.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa dengan menguji keefektifan konseling kelompok realita.  Penelitian eksperimental ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan skala tanggung jawab belajar. Teknik pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling, yaitu siswa yang memiliki tanggung jawab belajar rendah. Analisis data menggunakan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan gain score yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan p-value 0,004 (0,004 < 0,05). Dapat disimpulkan tanggung jawab belajar siswa mengalami peningkatan pasca diberikan treatment konseling kelompok realita.

Keywords

Group Counseling; Reality Counseling; Learning Responsibilities.

Full Text:

PDF

References

Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling. 2(3). ISSN 2252-6374.

Elviana, O.S.P. (2017). Pembentukan Sikap Mandiri dan Tanggung Jawab Melalui Penerapan Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan kewarganegaraan. ISSN 2579-5740.

Fauzi, F. R. (2016). Penggunaan Metode Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(5), ISSN 209-216.

Glasser, W. (2010). Reality therapy in action. New York, NY, US: HarperCollins Publishers.

Mahsunah. (2017). Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Konseling Kelompok Realita Pada Siswa VIII SMP Negeri 1 Prambon Nganjuk Tahun Ajaran 2015/ 2016. Tersedia di simki.unpkediri.ac.id.

Musyarofah. (2013). Efektifitas Konseling Realita untuk Menurunkan Perilaku Tidak Bertanggung Jawab Siswa dalam Belajar. Tersedia di library.um.ac.id.

Sharf, Richard S. (2012). Theories of Psychotherapy and Counseling. USA: Cengange Learning, Inc.

Sulistyowati, W. & Warsito, H. (2010). Penerapan Konseling Realita Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa. 11 (1).

Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.