Efektivitas Teknik Self-Talk untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri dalam Belajar Siswa

Cona Setiari, Wagimin Wagimin, Rian Rokhmad Hidayat

Abstract

Abstract: Low self-confidence in learning in students is one of the problems that often occur in achieving learning success. This study aims to test the effectiveness of the self-talk technique to increase self-confidence in learning. This study used a quasi-experimental experimental method with a non-equivalent control group design. The research subjects in this study were 20 students who were divided into two experimental and control groups. The data collection technique in this study used a self-confidence questionnaire in learning that had been tested for validity and reliability. The results of the post-test data analysis with the Mann-Whitney test in this study showed p-value 0,010 (0,010<0,05). So it can be concluded that the hypothesis is accepted. There is a difference between the two experimental groups and the control group due to the provision of the self-talk technique intervention. Based on the study results, it can be concluded that the self-talk technique is effectively used to increase self-confidence in learning.

Abstrak: Kepercayaan diri dalam belajar yang rendah pada peserta didik merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam mencapai keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik self-talk untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar para siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain quasi experimental dengan rancangan non-equivalent control group design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kepercayaan diri dalam belajar yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis data post-test dengan Uji Mann Whitney pada penelitian ini menunjukan skor p-value 0,010 (0,010<0,05). Maka dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima dan berarti terdapat perbedaan antara dua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol karena adanya pemberian intervensi teknik self-talk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  teknik self-talk efektif digunakan untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar para siswa.

Keywords

Self-talk, learning self-confidence, Students

Full Text:

PDF

References

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Informasi. Jurnal Konseling Gusjigang, Vol. 2 (2), 182 – 189.

Diswantika, N. (2016). Efektivitas Teknik Self -Talk dalam Pendekatan Konseling Kognitif untuk Meningkatkan Disiplin Diri Peserta Didik. Jurnal STKIP-PGRI Bandar Lampung

Erfrod, B. (2016). 40 Teknik yang Harus Diketahui Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghufron, M. N. & Risnawita, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hartati, S. & Rahman, I. (2017). Konsep Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Berbasis Islam untuk Membangun Perilaku Etis Siswa. Genta Mulia, Vol. 8 (2), 13 – 26.

Indryastuti, W. (2016). Efektivitas Positive Self-Talk terhadap Motivasi Belajar pada Siswa Kelas IX SMP N 3 Banguntapan. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2016) Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/42156/.

Latifah, N. (2017). Keefektifan Teknik Self-Talk untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Peserta Didik SMA Berasrama. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, Vol. 5 (2), 83 – 90.

Prayitno & Amti, E. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prilly, A. (2014). Efektivitas Metode Positive Self -Talk terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas VII SMPN 4 Karanganom. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014) Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/13524/ .

Rahayu, A. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks.

Sarastika, P. (2014). Buku Pintar Tampil Percaya Diri. Yogyakarta: Alaska.

Sari, N.F., Umari, T., & Asyari, A. (2013). Pengaruh Konseling Kelompok terhadap Peningkatan Self-Regulation Siswa Kelas X Jurusan TKJ SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, Vol. 2 (1).

Seyed Abbas et.al. (2012). The Effect of Self-talk and Mental Imagery on Self-efficacy in Throwing Darts in Adolescent. International Research Journal of Applied and Basic Sciences, Vol. 3 (3), 594 – 600.

Setiowati, A. (2016). Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Teknik Permainan pada Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, Vol. 2 (1), 18 – 24.

Sujarweni, V. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.