Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Tentang Pengurangan dengan Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas 1 Semester II Sekolah Dasar

Sunarsih Sunarsih

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika khususnya pada materi pengurangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika tentang pengurangan dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Metode pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara  materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan obyek penelitian siswa kelas I SD Negeri 2 Gatak. Fokus penelitian pada pengurangan dengan pembelajaran kontekstual sebagai upaya meningkatkan hasil belajar Matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran pra siklus, siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari besarnya nilai rata-rata siswa dan prosentase ketuntasan hasil belajar dari KKM yang ditentukan sebesar 65. Berdasarkan dari hasil observasi tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual mata pelajaran Matematika materi pengurangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 2 Gatak. Selanjutnya hasil penelitian ini dapat dijadikan untuk perbaikan pembelajaran dengan kasus serupa.

Keywords

Model Pembelajaran Kontekstual, Pengurangan, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.