TEORI APOS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Mulyono Mulyono

Abstract

 ABSTRAK :Belajar  merupakan  kerja  mental  secara  aktif.  Teori  APOS  merupakan  teori  yang  mempelajari bagaimana  individu  belajar  konsep  matematika.  Teori  ini  mengemukakan  bahwa  dalam membangun  sebuah  konsep  matematika,  individu  melalui  tahap-tahap  aksi,  proses,  objek,  dan skema.  Untuk  mengetahui  bagaimana  individu  bekerja  dan  berpikir  ketika  berada  pada  tahap- tahap  itu  perlu  dilakukan  wawancara  yang  mendalam.  Seseorang  mungkin  bisa  berhasil  melalui semua  tahap  tersebut,  bisa  juga  gagal.  Meskipun  sama-sama  berhasil  atau  sama-sama  gagal, antara  individu  satu  dengan  yang  lainnya,  mungkin  berbeda  aktivitas  mental  yang  dilakukan. Dengan  teori  ini  pengembang  pendidikan  dapat  membuat  model  pembelajaran  yang  berorientasi pada  teori  ini.  Teori  ini  menyediakan  langkah-langkah  konstruksi  konsep  matematika,  model pembelajaran yang dikembangkan dapat memasukkan langkah-langkah ini ke dalam model yang dibuat pada langkah-langkah pembelajarannya.  

Kata kunci: Teori APOS, konsep matematika, model pembelajaran 

Refbacks

  • There are currently no refbacks.