Ethnomatematics In Mathematics Learning on The Perspective of Perenialism Philosophy
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bisri, B. (2018). Perenialisme Pemikiran Etika Santo Augustinus (Dari Theologi ke Filsafat Keabadian). Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan, 4(2). Habsari, N. T. (2013). Implementasi Filsafat Perenialisme Dalam Pembelajaran Sejarah. AGASTYA: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 3(01). Idi, A. & Jalaluddin. (2013). Filsafat Pendidikan, Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada. Isrok’atun & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara. Khalimah, N., Farin, K. I., Nikmah, M., Ni’mah, K., & Jatmiko, J. (2017). Budaya Kediri Dalam Pembelajaran Matematika (Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Etnomatematika Melalui Pendekatan Saintifik). JIPMat, 2(1). Mahfud, Chairul. (2014). Pendidikan Multikultural. Jakarta: Pustaka Belajar. Martayanti. A & Suhartini. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gatang. 2(2). Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1113-1120. Richardo, R. (2016). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. Jurnal Literasi VII (2). Rifa’i, A. M. M. (2017). Pendidikan Bahasa Inggris dalam perspektif perenialisme. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 11(2), 36-50. Sadulloh, Uyoh. (2009). Pengantar Filsafat Pendidikan,Cet I. Bandung: Alfabeta. Shirley, L. (1995). Using Ethnomathematics to find Multicultural Mathematical Connection: NCTM. Sulaiman. (2013). Pendidikan Versi Aliran Filsafat Perenialisme. Jurnal Serambi Tarbawi Jurnal Studi Pemikiran, Riset, dan Pengembangan Pendidikan Islam 1 (1). Utari, T. (2015). “Keefektifan Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis” (Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2015). Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Keraton Yogyakarta. Jurnal LP3M Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta 3 (1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.