Pengaruh Bahan Ajar Ragam Tulis Terintegrasi Berbasis Multiliterasi Terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi

Rajji K. Adiredja, Tatat Hartati, Cepi Riyana

Abstract

Kemampuan literasi dan multiliterasi yang rendah serta tujuan pembelajaran di sekolah untuk melatihkan kemampuan KBTT, sehingga perlu untuk menerapkan bahan ajar berbasis kemampuan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Pengaruh Bahan Ajar Ragam Tulis Terintegrasi Berbasis Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi dan Multiliterasi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.  Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design (desain kelompok tunggal dengan pretest dan posttest). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 5 Regol, SDN 2 Karangmulya, dan SDN 2 Pameungpeuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh bahan ajar ragam tulis terintegrasi berbasis keterampilan berfikir tingkat tinggi dan multiliterasi terhadap kemampuan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pada hasil posttest siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus statistic uji t menggunakan SPSS menunjukkan bahwa Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05 ,maka Ho ditolak dan Ha diterima hipotesis menyatakan bahwa ada perbedaan hasil KBTT antara sebelum dan sesudah diberikan bahan ajar. Berdasarkan analisis data tersebut dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan KBTT anak antara sebelum dan sesudah diberi bahan ajar. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh bahan ajar terhadap KBTT.

Keywords

Bahan Ajar, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Sekolah Dasar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.