Pengaruh Supervisi Pengawas dan Kepuasan Kerja terhadap Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah

Taty Rahayuningsih, Sri Setyaningsih, Oding Sunardi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh supervisi pengawas dan kepuasan kerja yang diduga mempengaruhi kinerja kepala sekolah di Indonesia. Desain penelitian yang digunakan adalah analis jalur (Path Analysis) kemudian dilanjutkan dengan metode SITOREM. Sampel penelitian ini terdiri dari 198 kepala sekolah menengah pertama swasta yang sudah tersertifikasi. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan Multistage Randam Sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data penelitian kuantitatif ini terdiri dari analisis statistik deskriptif, pengujian persyaratan analisis data, analisis statistik inferensial, analisis regresi, dan uji hipotesis. Hasil Penelitian menemukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif Supervisi Pengawas (X1) terhadap Kinerja Kepala Sekolah (Y) dengan koefisien jalur 0,173; (2) terdapat pengaruh positif Kepuasan Kerja (X2) terhadap Kinerja Kepala Sekolah (Y) dengan koefisien jalur 0,268; (3) terdapat pengaruh tidak langsung Supervisi Pengawas (X1) dan Kepuasan Kerja (X2) terhadap Kinerja Kepala Sekolah (Y) dengan koefisien jalur 0,095 < 0,173. Simpulan penelitian ini yaitu Supervisi Pengawas (X1) dan Kepuasan Kerja (X2) berpengaruh positif terhadap Kinerja Kepala Sekolah (Y) menengah pertama.

Keywords

Kepuasan kerja; kinerja kepala sekolah; supervisi pengawas

Refbacks

  • There are currently no refbacks.