Pengembangan Media Pembelajaran Spin Game Berbasis Powerpoint Interaktif pada Materi Tema 7 Subtema 1 untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Destia Destia, Christia Olyf Vera, Chayatul Firdaningsih, Deski Setyo Wuriyani, Hendra Erik Rudyanto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa untuk memahami sebuah materi dalam proses pembelajaran dikelas dikarenakan tidak adanya media yang menarik sebagai pendukung proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kelayakan spin game berbasis power point sebagai media interaktif mata pelajaran tematik muatan Bahasa Indonesia kelas V sekolah dasar  (2) Respon peserta didik mengenai spin game berbasis powerpoint. Jenis penelitian menggunakan metode pengembangan model ADDIE dengan langkah-langkah yaitu analysis, development, implementation, evaluation. Subjek penelitian siswa V di salah satu sekolah dasar di kota Madiun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes, angket. Data diperoleh dan dianalisis dari lembar tes hasil belajar, lembar angket. Hasil penelitian menunjukan pengembangan media pembelajaran spin game berbasis powerpoint memenuhi kriteria layak dibuktikan dengan presentase tingkat kelayakan dari ahli materi yaitu sebesar 82,5%,dan ahli media sebesar 87,5%, respon siswa dengan persentase 82,7%. Kemudian pada post – test menunjukan adanya peningkatan minat belajar siswa dibandingkan pre-test sebesar 75,9%. Rekomendasi pada penelitian ini adalah pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dengan memperluas materi, soal evaluasi dan mengembangkan file powerpoint spin game menjadi berbasis android agar bisa dimiliki oleh siswa dan masyarakat luas sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di luar sekolah.

Keywords

Development; Instructional Media; Spin Game

Refbacks

  • There are currently no refbacks.