Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Menyimak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V (Studi Pre-Eksperimen di SDN Margalaksana)

Teti Sumiati, Cece Rakhmat, Dian Indihadi

Abstract

Kemampuan menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat fungsional dan penting untuk ditingkatkan dengan memanfaatkan inovasi yang terbaru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap kemampuan menyimak bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Margalaksana yang berada di Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya, yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan tes. Hasil nilai pretest kemampuan menyimak siswa sebelum diterapkan multimedia pembelajaran interaktif diperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 64 dan nilai rata-rata posttest setelah diterapkannya multimedia pembelajaran interaktif diperoleh nilai rata-rata sebesar 84. Hasil analisis data membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara multimedia pembelajaran interaktif terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Setelah dilakukan penelitian diharapkan guru bisa menggunakan multimedia pembelajaran interaktif untuk dapat diterapkan pada pokok bahasan lain yang bersangkutan dengan keterampilan menyimak.

Keywords

multimedia, interaktif, kemampuan menyimak

Refbacks

  • There are currently no refbacks.