Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022

Endar Nunik Cahyawati, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Ervin Azhar

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan prestasi belajar matematika yang belum memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 178 orang. Sedangkan sampel penelitian ini yaitu 119 siswa yang ditentukan melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Tingkat Pendidikan Orang Tua memiliki pengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022; (2) Disiplin Belajar Siswa memiliki pengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022; (3) Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022.

Keywords

Tingkat Pendidikan Orang Tua, Disiplin Belajar Siswa, Prestasi Belajar Matematika

Refbacks

  • There are currently no refbacks.