Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Pembagian untuk Siswa Kelas III SD

Resti Hermaliani, Rosiana Mufliva, Nahnia Usbah, Aula Nida Rahmi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas permasalahan yang ditemukan terhadap pemahaman matematis siswa SD yaitu siswa masih mengalami kesulitan untuk memahami mengenai konsep dari materi pembagian dikarenakan kurangnya guru dalam mengajarkan konsep dasar mengenai pembagian. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media pembelajaran untuk materi pembagian. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menerapkan metode Design and Development (D&D) dengan model pengembangan 4D (Four D). Model ini terdiri dari 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pengujian penelitian ini dilakukan secara terbatas yang terdiri dari 5 orang siswa kelas 3 di SDN Pardomuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket yang diperoleh dari subjek penelitian. Analisis data yang dilakukan adalah deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi pembagian baik untuk digunakan dengan persentase sebesar 84% dengan kategori sangat baik menurut ahli materi dan ahli media. Sedangkan hasil uji coba terhadap peserta didik menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif menunjukkan persentase sebesar 79% dengan kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran interaktif pada materi pembagian dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami materi pembagian siswa di kelas 3 SD.

Keywords

media pembelajaran interaktif, siswa, pembagian

Refbacks

  • There are currently no refbacks.