Online Test Instrument to Measure Students’ Critical Thinking Ability

Resti Tri Astuti, Mutia Dewi, Ravensky Yurianty Pratiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen tes online untuk mengukur kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang valid secara logis, valid secara empiris, dan reliabel. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model Tessmer yang terdiri dari beberapa tahap yaitu Tahap Preliminary, Self-Evaluation, Prototyping (validasi, evaluasi dan revisi) dan Field Test. Subjek uji coba penelitian ini yaitu mahasiswa semester 3 program studi Pendidikan Kimia di salah satu perguruan tinggi di Palembang. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket respon mahasiswa dan wawancara.  Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif menggunakan SPSS IBM 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen soal online untuk mengukur kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah kimia analitik memenuhi kriteria. Hasil validasi ahli mendapatkan persentase sebesar 88,48% dengan kategori sangat valid. Respon mahasiswa terhadap instrumen menunjukkan soal tersebut dalam kategori praktis. Hasil validasi secara empiris diperoleh instrumen tes online sebanyak 17 soal yang valid dan 3 soal yang tidak valid. Hasil reliabilitas soal diperoleh nilah Cronbach Alpha sebesar 0,712 yang artinya instrumen tes bersifat reliabel.

Keywords

tes online, kemampuan berpikir kritis, mahasiswa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.