Pengembangan DLM (Digital Learning Material) Kelas IV Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan dan efektivitas hasil pengembangan DLM (Digital Learning Material). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau biasa dikenal dengan metode Research and Development (R&D). Metode R&D bertujuan menghasilkan produk yang valid, layak dan efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan produk menggunakan model Thiagarajan 4-D (Four D Model). Subjek dari penlitian ini adalah peserta didik kelas 4 SDN Babakan Goyang Kota Tasikmalaya. Data hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan penilaian dari validator ahli media diperoleh nilai 89,58% dengan kategori sangat baik, dan nilai 93,75% d penilain validator ahli materi sebesar 93,75% dengan kategori sangat baik. Dengan rata-rata penilaian dari kedua validator sebesar 91,66%. Hasil uji coba lapangan mendapat nilai signifikansi signifikansi Sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai α yang ditetapkan yaitu 0,05 (0,001< 0,05). Dari hasil tersebut maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji coba lapangan menunjukkan pengaruh penggunaan DLM terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Produk DLM yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.