Penerapan Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak TK Kelompok B

Anitje Kedede

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui media gambar pada anak kelompok B di TK Efrata Efi Efi Tobelo Selatan Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Model penelitian ini menggunakan model bersiklus dari Kemmis & Tagart, setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) Perencanaan (Planning); 2) Pelaksanaan (Action); 3) Observasi (Observation); 4) Refleksi (Reflection). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di di TK Efrata Efi Efi Tobelo Selatan Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara di dapatkan peningkatan hasil perkembangan berbicara anak yang dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada saat pratindakan siklus didapatkan hasil anak yang berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 3 anak (8,3%) kemudian pada tindakan siklus ke I di dapatkan hasil sebanyak 6 anak (16,7%) yang berkembang sangat baik (BSB) dan siklus ke II mencapai hasil sebanyak 26 anak (72,2%) yang berkembang sangat baik (BSB).

Keywords

Media gambar, kemampuan berbicara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.