Pengaruh Pembelajaran Proyek Berbasis Konten Video terhadap Minat Baca Generasi Z di Kabupaten Bangkalan
Abstract
Siswa generasi Z terbiasa dengan pembuatan konten video sebagai media untuk mencari perhatian orang lain, sehingga dapat dijadikan sebagai kegiatan pembelajaran untuk mengatasi rendahnya minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran proyek pembuatan konten video terhadap minat baca generasi Z kabupaten Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah metode mixed method. Subjek penelitian ini adalah siswa di tingkat SMAN 4 Bangkalan dan SMKN 3 Bangkalan. Data penelitian diperoleh melalui instrumen angket minat baca dan wawancara terstruktur. Angket minat dianalisis secara kuantitatif deskriptif menggunakan SPSS versi 18 dan data wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain pembelajaran royek dengan penugasan konten video berpengaruh terhadap minat baca siswa. Empat aspek minat baca baik kesenangan membaca, perhatian terhadap membaca, kesadaran manfaat membaca, dan frekuensi membaca mengalami peningkatan. Faktor terjadinya pengaruh pembelajaran proyek berbasis konten vidio terhadap minat baca siswa generasi Z pada penelitian ini yaitu memiliki karakter tanggung jawab, etos kerja, pragmatis, menghargai karya pribadi, ingin menjadi pusat perhatian, realistik, dan ingin menjadi pribadi yang bermanfaat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.