Kepala Sekolah dalam Manajemen Penjamin Mutu Sekolah

Ahmad Agung Yuwono Putro, Gati Indah Merdekawati

Abstract

Pendidikan sekolah menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan, keterampilan, dan mengembangkan potensi yang dimiliki manusia. Dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, kepala sekolah harus mampu membina dan mengarahkan guru untuk bekerjasama secara profesional guna meningkatkan kualitas pengajaran dan pendidikan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis peran kepala sekolah dalam melaksanakan dan meningkatkan manajemen mutu sekolah di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan paradigma prapositivistik. Informan penelitian ini adalah satu kepala sekolah dan tiga, yaitu guru kelas IV dan guru kelas V serta guru olahraga. Adapun pertimbangan memilih informan atas pertimbangan bahwa informan tersebut sudah mengalami pergantian kepala sekolah selama beberapa kali, sehingga mengetahui kinerja setiap kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan secara kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SD N Randusari berhasil menjalankan perannya sebagai manajer, leader, supervisor, administrator, educator, inovator, dan motivator. Kepala sekolah tersebut memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas lulusan, mewujudkan visi dan misi sekolah, serta menghasilkan pembelajaran yang baik dengan prioritas pengembangan moral peserta didik. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa kepala sekolah harus terus meningkatkan kompetensinya agar mampu menjalankan perannya secara efektif, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Keywords

kepala sekolah; manajemen mutu; sekolah dasar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.