Peran Profesional Guru PAUD dalam Pembinaan Moral Anak Usia Dini

Sahrona Harahap, Devita Savitri

Abstract

Pendidikan merupakan sarana perlindungan moralitas sekaligus pembangunan sisem kehidupan manusia yang memegang posisi yang sangat krusial. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran profesional guru pendidikan anak usia dini  dalam pembangunan agama, dan nilai moral untuk anak usia dini dengan penghayatan, pemahaman, dan pembiasaan,. Metode penelitian ini menggunakan pendekaan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan  bahwa materi pembinaan moral pada anak usia dini dapat dilihat berdasarkan tiga hal (1) sopan santun (2) kepedulian (3) kejujuran. Adapun peran professional guru dalam pembinaan moral anak tidak dapat disamakan dengan gaji yang dihasilkan setiap bulannya namun peran profesional  dalam pembinaan moral dapat dilihat berdasarkan guru sebagai (1) model, (2) pembimbingan, (3) motivator, dan (4) penilai.

Keywords

Professional Role of Teachers, Moral Development, Early Childhood

Refbacks

  • There are currently no refbacks.