Pengaruh Pendekatan RME Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar

Wuryanti Wuryanti, Adi Suryanto, Mery Noviyanti

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan pendidikan matematika realistic, karena memiliki kelebihan yaitu lebih memberikan pengertian yang jelas kepada siswa tentang keterkaitan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh Realistic Mathematic Education (RME) terhadap motivasi belajar matematika, (2) pengaruh RME terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) pengaruh RME terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika pada siswa sekolah dasar di Kecamatan Kebumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Nonequivalent-groups Pretest Postest Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Kecamatan Kebumen.Teknik pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, yang meliputi SD N (4 Kutosari, Argopeni, 1 Adikarso, 3 Tamanwinangun, 1 Tanahsari, dan 1 Bumirejo). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendekatan RME terhadap motivasi belajar matematika, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendekatan RME terhadap prestasi belajar, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pendekatan RME terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika.

Keywords

realistic mathematic education motivasi belajar, prestasi belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.