Media Audio-Visual Berbantu Aplikasi Kinemaster pada Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar

Atika Dwi Evitasari

Abstract

Perubahan bentuk kegiatan belajar dari pembelajaran dalam jaringan (daring) berubah menjadi pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas membawa dampak berupa learning loss dan minat belajar IPA yang rendah sehingga berpengaruh negatif pada hasil belajar peserta didik.Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) membahas terkait dengan hakikat pembelajaran IPA dan pembelajaran tatap muka terbatas; (2) membahas tentang urgensi media audio-visual berbantu aplikasi kinemaster dalam pembelajaran IPA; dan (3) membahas tentang pengaruh media-audio visual berbantu aplikasi kinemaster pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan library research. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis isi. Berdasarkan keunggulan-keunggulan media audio visual dan 3 jurnal hasil penelitian terdahulu maka dapat diketahui bahwa media audio visual dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media audio visual berbantu aplikasi kinemaster berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar.

Keywords

media audio-visual, kinemaster, PTM, IPA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.