Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia

Murtihapsari Murtihapsari, Christiana Niken Larasati, Romlah Dwi Cahyani

Abstract

Peranan pendidikan dapat menyiapkan siswa melalui kegiatan pembelajaran melalui bimbingan, pengajaran, dan pelatihan berbasis karakter dan kompetensi siswa melalui gaya belajar. Gaya belajar siswa sangat penting diketahui agar seorang pengajar dapat memahami karakteristik tiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Manokwari pada mata pelajaran Ikatan Kimia, (2) hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA siswa SMA Negeri 1 Manokwari dalam pembahasan utama Ikatan Kimia. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sampai dengan X IPA 4 SMA Negeri 1 Manokwari tahun pelajaran 2019/2020 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi menggunakan SPPS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Manokwari pada mata pelajaran ikatan kimia berdasarkan taraf sig 0,00 < 0,05, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Manokwari pada mata pelajaran ikatan kimia berdasarkan tingkat sig 0,00 < 0,05.

Keywords

gaya belajar, hasil belajar kognitif, aktivitas belajar, siswa

References

Azizah, Z. Z. N., Supriyanto, A., & Agus, T. (2019). Pendidikan Dan Pelatihan Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pegawai Perpustakaan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 3(2), 96–100. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p96-100

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Biro hukum dan organisasi Depdiknas. Biro hukum dan organisasi Depdiknas. https://doi.org/10.30870/educhemia.v5i2.7987

Deporter, B. (2005). Quantum Learning & Character development: E-book. Kaifa PT Mizan Pustaka.

Effendy. (2006). A-Level Chemistry for Senior High School Students Volume 1A. Bayumedia.

Elytasari, M., Hidayat, I., & Ibrahim, A. R. (2015). Gaya Belajar Dan Prestasi Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 2(1), 44–50.

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian teoritik. Pustaka Pelajar.

Imtima. (2007). Ilmu dan aplikasi pendidikan. Armico.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Larasati, C. N., & Damopolii, I. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNIPA Manokwari. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 1(1), 1–4.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Rosdakarya.

Safrianti, S. D. (2017). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap hasil belajar Siswa Kelas X IPS Program Unggulan di MAN 1 Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Prenada Media Group.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatit Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2018.

Suad. (1997). Manajemen Personalia. BPFE.

Sukmadinata, S. Nana. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, F. (2015). Kurikulum Dari Masa Ke Masa. Fakultas Tarbiyah INSURI Ponorogo, 278(1–2), 249–253. https://doi.org/10.1023/A:1013199923212

Winarti, A. (2001). Pembelajaran ilmu kimia dan kontribusinya terhadap perkembangan intelektual. Jurnal Vidya Karya, 19(2), 109–115.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.