Eksisitensi Program Sekolah Mitra Rumah pada Sekolah Alam Tangerang Banten

Siti Munawati, Nur Halimah, Abdul Manan

Abstract

Program sekolah mitra rumah yaitu Program Work With Parents (WWP) yang dibuat agar tangggung jawab dari semua pihak yang ada saling menguatkan antara orang tua dengan sekolah dengan menamakannya kurikulum Aqil Baligh. Generalisasi Kurikulum ini untuk mendidik peserta didik sebagai generasi muda agar siap menjadi generasi yang matang dan berakhlak, dan memiliki pribadi  menjadi sosok yang matang dan bertanggung jawab. Tujuannya agar orangtua pada masa pendemi sistem pembelajaran berupa online, dapat mempengaruhi pembelajaran bagi anak-anaknya di rumahnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kualitatif, dalam tehnik pengumpulan data program (WWP)  yang dilakukan secara triangulasi (gabungan), dan analisa data bersifat kualitatif dan orang tua menjadi tauladan bagi anak-anaknya dalam tahap memasuki kedewasaan serta bertanggung jawab terhadap lingkungannya, sosialnya, serta budayanya.

Keywords

Aqil Baligh, Generasi, Kurikulum

Full Text:

PDF

References

Adriano Rusfi. (n.d.). Konsultan Pendidikan Aqil Baligh sekaligus konsultan Sekolah Alam Tangerang,.

Berry, K. S. (n.d.). (2004), Multiple Itelligences Are Not What They Seem Tobe, Vol. 278, multiple intelligences reconsidered , pp. 236-250 Published by: Peter Lang AG Stable URL: Accessed: 25-04-2020 06:16 UTC.

Carol A. Bailey. (n.d.). A Guide to Qualitative Field Research (Thousand Oaks, CA: Pine Forge Press, 2006), yang dikutip oleh Abdul Fatah dengan judul tesis Budaya Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Kajian di SMA Negeri I Kota TangerangSelatan), SPs.

Dokumen. (n.d.). Sekolah Alam Tangerang.

Dokumen. (n.d.). Program yang dibuat oleh Sekolah Alam Tangerang.

Depdiknas. (n.d.). (2004), Pedoman Merancang Sumber Belajar, Jakarta.

Ensiklopedi-hukum-islam-akil-baligh-1. (n.d.). Diakses pada tanggal 19 Juli 2020 pukul 14.00 WIB dari https://republika.co.id/berita/ m71yjc/ensiklopedi-hukum-islam-akil-baligh-1.

Iskandar. (n.d.). (2008), Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial Kuantitatif dan kualitatif, Jakarta: Gaung Persada Press, 178

Jahya, Y. (n.d.). (2011), Psikologi Perkembangan, Jakarta: Kencana, 220.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.