Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V di SDN 1 Karanganyar
Ahmad Arifin Zain, Widya Pratiwi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran Tematik kelas V Tema peristiwa dalam kehidupan sub tema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan dan (2) Mengetahui kelayakan produk multimedia interaktif dari aspek materi, tampilan dan kemenarikan untuk pembelajaran. Dilaksanakan melalui beberapa tahapan, tahapan pertama adalah pendahuluan studi Pustaka dan studi lapangan, tahap kedua pengembangan meliputi perencanaan dan pengembangan produk awal. Tahap ketiga uji coba meliputi uji coba skala kecil dan uji coba besar. Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukan bahwa kelayakan multimedia pembelajaran pada aspek media sebesar 90 % (sangat baik) dan kelayakan pada aspek materi sebesar 87,5 % (sangat baik). Hasil uji coba lapangan menunjukan bahwa respon siswa terhadap kelayakan multimedia dengan rerata skor 89,2 % (sangat baik). Hasil tersebut menunjukan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran.
Keywords
Pengembangan, Multimedia Interaktif, Media Pembelajaran, Peristiwa Dalam Kehidupan
References
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Miarso, Y. (2012). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Munir. (2012). Multimedia (Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan). Bandung: Alfabeta
Purnamawati & Eldarni. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Alfabeta
Pustekom. (2008). 7 Langkah Muda Membuat Multimedia Pembelajaran.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana & Rifa’i. A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensind
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta