E-book pengayaan menulis teks rekon faktual berbasis nilai kejujuran di sekolah menengah atas
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku pengayaan elektronik menulis teks rekon faktual bermuatan nilai kejujuran untuk peserta didik kelas X SMA. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model Borg and Gall yang disesuaikan dengan tujuan pengembangan, dilaksanakan di SMA Negeri 1 Semarang dan SMA Teuku Umar Semarang pada Januari 2025. Subjek penelitian meliputi peserta didik kelas X, guru Bahasa Indonesia, serta ahli materi dan media. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket kebutuhan, dan validasi ahli, dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil menunjukkan kebutuhan akan buku pengayaan elektronik yang mengintegrasikan keterampilan menulis teks rekon faktual dengan nilai kejujuran. Produk memperoleh skor validasi: materi 71,42; penyajian 75; kebahasaan 85; grafika 80,9; nilai kejujuran 85, dan dinyatakan layak sebagai sumber belajar pendamping dengan desain menarik, bahasa komunikatif, serta latihan bervariasi.
E-book on enriching factual text writing based on the value of honesty in high school
Abstract: This study aims to develop an electronic enrichment book for writing factual recount texts that incorporates the value of honesty for Grade X senior high school students. The research employed the Borg and Gall Research and Development (R&D) model adapted to the development objectives, conducted at SMA Negeri 1 Semarang and SMA Teuku Umar Semarang in January 2025. Participants included Grade X students, Indonesian language teachers, and subject matter and media experts. Data were collected through observation, interviews, needs assessment questionnaires, and expert validation, analyzed qualitatively and quantitatively with source and technique triangulation. Findings indicate the need for an electronic enrichment book integrating factual recount text writing skills with honesty values. The product achieved validation scores of content 71.42, presentation 75, language 85, graphics 80.9, and honesty value 85, and was deemed suitable as a supplementary learning resource with attractive design, communicative language, and varied exercises.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Adinda, A., Mulia, S., Irfan, & Gusmaneli (2024). Penerapan strategi pembelajaran scaffolding dalam membentuk kemandirian peserta didik. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 34–41. https://doi.org/10.61132/bima.v2i2.763
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Astuti. (2020). Pengaruh penggunaan e-book interaktif terhadap kemandirian dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 112–124.
Bintarto, W. B. (2021). Pengembangan Buku pengayaan pembelajaran menulis naskah drama bermuatan nilai karakter untuk siswa kelas VIII sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 12–26. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.32773
Borg, W.R., & Gall, J.P. (1983). Educational Research: An Introduction (4th ed.). Logman.
Dewi, A. C. (2025). Trnasformasi pembelajaran menulis melalui media visual dalam konteks pembelajaran Abad 21. Jurnal E-MAS (Edukasi Dan Pembelajaran Anak Usia Dini), 1(2), 12–21.
Fleming. (2001). Teaching and learning styles: VARK Strategies. Christchurch. N.D. Fleming.
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2012). Educational research: Competencies for analysis and applications (10th ed.). Paerson.
Hartono, B. (2016). Dasar-dasar kajian buku teks: konsep dasar, pemilihan, pemanfaatan, penenilaian, dan pengembangan. UNNES PRESS.
Hidayah. (2021). Pengembangan buku pengayaan digital bermuatan nilai karakter untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa SMA. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 145–158.
Khadijah, M., Dewi, P., Ananda., Y., Syahru., F., Lathifah., & Artyasti., S. (2025). Analisis “Bab 5 bertukar atau berdasarkan kelayakan buku BSNP. 8, 5139–5146.
Kurnia, R. R., Samad, S., & Irwanti. (2023). Integrasi nilai karakter dalam pembelajaran pada kurikulum sekolah. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 4(2), 97–108.
Lictona. (2013). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Nusa Media.
Mayer, E. R. (2009). Multimedia learning (2nd Edition). Cambridge University Press.
Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi guru dalam membentuk karakter siswa melalui nilai-nilai kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409
Muslich. (2008). Textbook writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mutiara, A., Wagiran, W., & Pristiwati, R. (2022). Pengembangan buku pengayaan elektronik cerita fabel bermuatan profil pelajar pancasila elemen gotong royong sebagai media literasi membaca di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2419-2429.
Nasional, P. P. D. P. (2008). Pedoman penulisan buku nonteks. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Pusat Perbukuan. (2008). Pedoman penulisan buku teks: buku pengayaan, referensi, dan panduan mendidik. Departemen Pendidikan Nasional.
Prastowo, A. (2025). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press.
Putri, N., & Nasir, M. (2022). Pengembangan buku pengayaan elektronik fisika pada materi kesetimbangan dan dinamika rotasi menggunakan flip PDF Professional. Jurnal Pendidika: Riset & Konseptual, 6(4), 1–8.
Risdianto. (2019). Pengaruh penggunaan e-book interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 45–55.
Riyanti, Y., & Harjito, H. (2023). Pengembangan materi ajar menulis cerita pendek berbasispendidikan karakter budaya lokal untuk SMA kelas XI di Kabupaten Grobogan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 942–953. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1347
Sadiman. (2014). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Rajagrafindo Persada.
Sari. (2020). Pengaruh penggunaan buku pengayaan terhadap keterampilan menulis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(145–54).
Sugiyono, S. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). ALFABETA.
Tarigan. (2009). Pengajaran Kebahasaan. Angkasa.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.
Tengah, B. B. P. J. (2023). Laporan survei kebutuhan bahan ajar Bahasa Indonesia SMA.
Wardhani, A. I., Rukayah, R., & Kurniawan, S. B. (2023). Analisis kesulitan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran project based learning (PjBl) pada Kurikulum Merdeka materi membangun masyarakat yang beradab. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 141. https://doi.org/10.20961/jpd.v11i2.79476
Warsita. (2018). Teknologi pembelajaran: Landasan dan aplikasinya. Rineka Cipta.
Waruwu, W. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): Konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilimiah Profesi Pendidikan, 9, 1220–1230.
Wibowo, A. (2020). Tantangan pengembangan bahan ajar berbasis digital: analisis keterbatasan instrumen dan sampel penelitian. Jurnal Inovasi Pendidikan, 12(1), 88–97.
Widyaningsih, T., DS, S. H., & Muljani, S. (2024). Pengembangan buku pengayaan menulis teks laporan hasil observasi bermuatan kearifan lokal SMP. Journal of Education Research, 5(4), 4563–4571.
Wulandari. (2022). Analisis kebutuhan bahan ajar menulis teks rekon pada pembelajaran Bahasa Indonesia SMA. Jurnal Pendidikan Dan Sastra, 12(2), 145–156.
Yuliani. (2020). Pengembangan bahan ajar bermuatan nilai karakter untuk menanamkan kejujuran dan tanggung jawab pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 65–77.
Zubaidah. (2018). Keterbacaan dan motivasi membaca siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahada Dan Sastra, 18(1), 55–67.
Refbacks
- There are currently no refbacks.


