The Relationship Between Linguistic Intelligence and Social Interaction of Buddhist Young People: A Perspective on Buddhist Education
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Muhammad Syarif, “Perkembangan Kecerdasan Intelektual, Emosional Dan Spiritual Anak,” vol. 2, no. 1, pp. 31–42, 2023.
Nurul Maziyatul Hasanah, “Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Cerita Menggunakan Media Permainan Tradisional,” Islam. Educ. Early Child., vol. 3, pp. 67–78, 2018.
Kurnia Muhajarah, “Beragam Teori Kecerdasan , Proses Berpikir dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” J. Pendidikan, Sains, Sos. dan Agama, vol. 8, no. 1, pp. 116–127, 2022, doi: 10.53565/pssa.v8i1.442.
C. Kusuma, V. A. M. Saputri, R. Kasrah, I. Yudhawati, and S. A. Gautama, “The Practice of Mindful Communication Brings the Strong Effect on Spiritual Intelligence of School Students,” J. Commun. Relig. Soc. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 35–46, 2023, doi: 10.60046/jocrss.v1i1.8.
Z. Zulfitria and N. Fadhila, “Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Melalui Metode Mendongeng,” Instruksional, vol. 3, no. 1, p. 77, 2021, doi: 10.24853/instruksional.3.1.77-86.
Henny, Lisniasari, and O. C. Siu, “Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar Bimbingan Dharma pada Pemuda Buddhis Vihara Dhyana Maitreya Kota Medan Tahun 2021,” Pros. Bodhi Dharma, vol. 1, no. 1, pp. 84–91, 2021.
F. A. Siska Desi Marta Saputri, Lina Erviana, “Analisis kecerdasan Verbal-Linguistik Ditinjau dari Kebiasaan Membaca Pada Siswa Kelas III SDN Mentoro,” pp. 1–14, 2021.
R. Kasrah, Sidartha Adi Gautama, Resdhi Wibawa, Rina Manggalani, and Widiyanto, “Communication Competency: The Impact of Interpersonal Communication on Student’s Learning Activities,” J. Commun. Relig. Soc. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 24–34, 2023, doi: 10.60046/jocrss.v1i1.9.
M. Syafiq Humaisi, “Beberapa Kecerdasan Kontemporer (Analisa Pemikiran Howard Gardner tentang Kecerdasan Majemuk),” Likhitaprajna J. Ilm., vol. 25, no. 1, pp. 1–7, 2023, doi: 10.37303/likhitaprajna.v25i1.231.
S. N. A. Mufidah and Mukhlisin, “Pembentukan Kecerdasan Linguistik dan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Madrasah Tsanawiyah,” J. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 59–78, 2020.
R. Kasrah, I. Yudhawati, I. K. D. Gotama, J. Paramita, and S. A. Gautama, “Analysis of Intrapersonal Communication in Increasing Students’ Emotional Intelligence,” J. Commun. Relig. Soc. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 34–41, 2024, doi: 10.60046/jocrss.v2i1.108.
Nur Tanfidiyah and Ferdian Utama, “Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita,” Golden Age J. Ilm. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, vol. 4, no. 3, pp. 9–18, 2019, doi: 10.14421/jga.2019.43-02.
(DN 16), “Mahāparinibbānasuttaṁ ( DN 16 ) The Discourse about the Great Emancipation”.
Risky Dwiprabowo, “Hubungan Kecerdasan Linguistik dengan Keterampilan Menulis Ringkasan Siswa Kelas III SD Negeri Se-Kelurahan Cipete Utara Jakarta Selatan,” J. Ilmu Pendidik. STKIP Kusuma Negara, vol. 12, no. 2, pp. 182–192, 2021, doi: 10.37640/jip.v12i2.861.
A. D. I. Nasution, D. Juliani, D. Meilandry, N. Nabila, R. Aprilia, and M. Sitorus, “Peningkatan Kecerdasan Linguistik dengan Bermain Tebak Nama pada Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 2231–2237, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.875.
Mahfiroh, “Pengaruh Kecerdasan Linguistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Islam Moga Pemalang Skripsi,” vol. 10, p. 6, 2021.
Siti Nur Fadilah Nim, “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 34 Padang,” 2020.
S. L. Ratnasari, S. Supardi, and H. W. Nasrul, “Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kinerja Karyawan,” J. Appl. Bus. Adm., vol. 4, no. 2, pp. 98–107, 2020, doi: 10.30871/jaba.v4i2.1981.
S. Putri, Nasaruddin, and Nurhaedah, “Hubungan Kecerdasan Verbal Linguistik Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Membaca Cerpen Pada Siswa Kelas V SDN Rappocini Kecamatan Rapocini Kota Makassar,” Celeb. Educ. Rev., pp. 1–16, 2022.
A.II:135, “Buddha. Anguttara Nikaya (A.II:135). Terjemahan oleh I.B. Horner. Pali Text Society, 1936.”
Alhaddad, “Interaksi Sosial Dalam Proses Pembelajaran Sistem Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN 5,” Repository.Uinjkt.Ac.Id, pp. 1–116, 2021.
Harahap, “Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19,” Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sos. dan Kebud., vol. 11, no. 1, pp. 45–53, 2020, doi: 10.32505/hikmah.v11i1.1837.
I. Siska Iskandar, “Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Autis Melalui Terapi Bermain Assosiatif Improvement Of Social Interaction Ability in Autism Child Through Therapy Associative Players,” vol. V, no. 2, pp. 12–18, 2020, doi: 10.31101/jhes.1048.
A. Toni, “Interaksi Sosial Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Pekanbaru,” p. 72, 2022.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2019. [Online]. Available: 10.37640/jip.v12i2.86
Sugiyono, Quantitative, Qualitative and R&D Research Methodology. Bandung: Alfabeta, 2019.
Siti Aminah, “Interaksi Sosial Antara Masyarakat Pendatang Dengan Masyarakat Lokal,” p. 156, 2022.
Refbacks
- There are currently no refbacks.