Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi


Hukum merupakan suatu instrumen yang dibuat sebagai sekumpulan norma baik tertulis maupun tidak tertulis terkait benar atau salahnya tindakan dan prilaku seseorang,sehingga definisi tersebut berkembang menjadikan hukumsebagai ketentuan-ketentuan yang diga
Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi (HPE) merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi S2 Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret. Jurnal HPE merupakan jurnal ilmiah yang terbit secara daring dan luring dan menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil penelitian dalam bidang ilmu hukum. Pernyataan etika publikasi ini dibuat berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah. Pernyataan etika publikasi ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author). Etika publikasi ilmiah menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Announcements

 
No announcements have been published.
 

Vol 8, No 1 (2020): JANUARI - JUNI

KATA PENGANTAR

Edisi kali ini, Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi menyajikan beberapa artikel ilmiah berbasil hasil penelitian dari berbagai cabang ilmu hukum. Artikel tersebut ditulis oleh berbagai penulis dari latar belakang akademisi, praktisi hukum, pegawai pemerintahan dan mahasiswa. Artikel yang publish tentu saja telah melalui proses review yang cukup ketat baik dari sisi subtansi dan format penulisan. Dalam edisi kali ini, beberapa artikel yang terbit diantaranya mengkaji tentang Pemahaman Dan Penggunaan Kontrak Dagang  Dalam Transaksi Bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM), Penerapan E-court Dalam Perkara Tindak Pidana Umum Dalam Prespektif Hukum Progresif, Perbedaan Penafsiran Dalam Penerapan Hukum Sebagai Kriminogen Dalam Pemberantasan Tindak Pidana Narkotika, Perlndungan Hukum Terhadap Ibu Pengganti (Surrogate Mother) Yang Mengikatkan Diri Dalam Perjanjian Sewa Rahim (Surogasi), Konstitusionalitas Kebijakan New Normal Dalam Perlindungan Hak Hidup Warga Negara. Akhirnya, dari redaksi selamat menikmati sajian ilmiah bernas dari para peneliti-peneliti yang hebat pada edisi jurnal ini. 

Dewan Redaksi

Table of Contents

Articles

Abdillah Sani
PDF
1-10
Ari Hani Saputri
PDF
11-22
Desi Dwi Hariyani
PDF
23-35
Lintang Wistu Malindi
PDF
36-51
Ruth Crista Vanesa Hariyanto
PDF
52-64