Editorial Policies

Focus and Scope

ETIKA PUBLIKASI

Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi (HPE) merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi S2 Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret.  Jurnal HPE merupakan jurnal ilmiah yang terbit secara daring dan luring dan menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil penelitian dalam bidang ilmu hukum.

Pernyataan etika publikasi ini dibuat berdasarkan Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah. Pernyataan etika publikasi ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah ini yaitu pengelola, editor, mitra bestari, dan penulis (author).  Etika publikasi ilmiah menjunjung tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelola Jurnal

  1. Menentukan nama jurnal, lingkup keilmuan, keberkalaan, dan akreditasi apabila diperlukan.
  2. Menentukan keanggotaan dewan editor.
  3. Mendefinisikan hubungan antara penerbit, editor, mitra bestari, dan pihak lain dalam suatu kontrak.
  4. Menghargai hal-hal yang bersifat rahasia, baik untuk peneliti yang berkontribusi, pengarang/penulis, editor, maupun mitra bestari.
  5. Menerapkan norma dan ketentuan mengenai hak atas kekayaan intelektual, khususnya hak cipta.
  6. Melakukan telaah kebijakan jurnal dan menyampaikannya kepada pengarang/penulis, dewan editor, mitra bestari, dan pembaca.
  7. Membuat panduan kode berperilaku bagi editor dan mitra bestari.
  8. Mempublikasikan jurnal secara teratur.
  9. Menjamin ketersediaan sumber dana untuk keberlanjutan penerbitan jurnal.
  10. Membangun jaringan kerja sama dan pemasaran.
  11. Mempersiapkan perizinan dan aspek legalitas lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Penulis

  1. Penulis harus menyajikan penjelasan yang cermat tentang penelitian yang telah dilakukan serta membahas manfaatnya secara objektif
  2. Penulis harus menyajikan hasil penelitian secara jujur tanpa perekaan, pemalsuan, atau manipulasi data.
  3. Naskah harus berisi perincian dan daftar pustaka yang cukup untuk memudahkan pembaca melakukan penelitian sejenis
  4. Pemalsuan atau penulisan infomasi yang salah secara sengaja dianggap sebagai pelanggaran kode etik dan tidak dapat dibenarkan.
  5. Naskah harus ditulis sesuai petunjuk penulisan jurnaL
  6. Penulis wajib memastikan keaslian tulisan.
  7. belum pernah dipublikasikan di manapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.
  8. Pengiriman naskah yang sama di dua jurnal atau lebih secara bersamaan dianggap sebagai pelanggaran kode etik dan tidak dapat dibenarkan
  9. Penulis wajib mencantumkan semua sumber data yang digunakan dalam penelitian dan semua terbitan yang menjadi sumber pustaka.
  10. jika penulis menemukan adanya kekeliruan atau ketidaktepatan yang substansial atau mendasar dalam naskah yang telah dikirimkan, penulis harus segera memberi tahu redaksi atau pengelola jurnal dan bekerja sama untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah

Tugas dan Tanggung Jawab Penyunting

  1. Berdasarkan keputusan dewan redaksi, penyunting berhak menerima, menolak, atau meminta perbaikan naskah.
  2. Bertanggung jawab terhadap gaya dan format karya tulis, sedangkan isi dan segala pernyataan dalam karya tulis adalah tanggung jawab pengarang/penulis.
  3. Tidak mempertahankan pendapat sendiri, pengarang atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan tidak objektif,
  4. Mendorong pengarang/penulis, supaya dapat melakukan perbaikan karya tulis hingga layak terbit.
  5. Penyunting harus bertanggung jawab untuk semua naskah suntingannya yang dipublikasikan serta harus memiliki prosedur dan kebijakan untuk memastikan kualitas naskah yang diterbitkan  dan menjaga integritas terbitan
  6. Penyunting harus memastikan bahwa setiap naskah dievaluasi keasliannya.
  7. Penyunting harus menyusun dan memanfaatkan telaah sejawat dengan adil dan bijak.
  8. Penyunting harus memastikan bahwa setiap naskah yang diterima dalam jurnal benar-benar disunting berdasarkan muatan intelektualitas tanpa mempertimbangkan pribadi penulis terkait jenis kelamin, gender, ras, agama, kewarganegaraan, dll.
  9. Penyunting harus menjaga kerahasiaan informasi yang berkaitan dengan naskah yang dikirimkan oleh para penulis.
  10. Penyunting tidak boleh menggunakan materi dalam naskah yang sudah dikumpulkan, tetapi belum dipublikasikan, untuk keperluan pribadi tanpa seizin penulis asli.

Tugas dan Tanggung Mitra Bestari

  1. Informasi yang berkaitan dengan naskah yang diajukan oleh penulis harus dijaga kerahasiaannya dan diperlakukan sebagai informasi istimewa. Informasi tersebut tidak boleh diperlihatkan kepada atau didiskusikan dengan orang lain  kecuali dengan izin dewan redaksi
  2. Mendorong pengarang/penulis untuk melakukan perbaikan karya tulis
  3. Menelaah kembali karya tulis yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  4. Karya tulis ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.
  5. Mitra bestari harus memastikan bahwa penulis telah mencantumkan semua sumber data yang digunakan dalam penelitiannya
  6. Mitra bestari harus memberikan saran yang jelas tentang bagian yang memerlukan penyelidikan atau analisis tambahan untuk mendukung simpulan yang dirumuskan dalam naskah

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.