Bauran Pemasaran (4P) Komoditas Beras (Oryza sativa L.) di Perum BULOG Kantor Wilayah Jawa Tengah

Nanda Izwin Meutiashifa, Mei Tri Sundari

Abstract

Kesuksesan bisnis dalam pemasaran adalah apabila suatu perusahaan mampu melakukan penjualan produknya sesuai dengan target yang ditentukan oleh perusahaan. Oleh karena itu, perlu menggunakan strategi bauran pemasaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bauran pemasaran di Perum BULOG Kantor Wilayah Jawa Tengah. Metode dasar penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan berbagai pertimbangan. Penentuan informan dilakukan secara sengaja (purposive) dan snowball untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu hasil wawancara dan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang diproduksi oleh Perum BULOG Kantor Wilayah Jawa Tengah saat ini masih berfokus pada tata niaga beras, harga beras ditentukan tergantung dari harga pengadaan beras, lokasi perusahaan cukup strategis, dan telah berhasil melakukan promosi secara online maupun offline. Namun demikian, Perum BULOG dapat meningkatkan inovasi dari segi produk selain beras agar produk lebih dikenal oleh masyarakat.

Keywords

strategi pemasaran; produk, harga, promosi

Full Text:

PDF

References

Arifin, J., & Pamungkas, T. (2019). Perbaikan Tata Letak Gudang Dengan Menggunakan Metode Shared Storage Pada Perum Bulog Subdivre Karawang. Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 3(1), 7. https://doi.org/10.35194/jmtsi.v3i1.548

Badan Pusat Statistik. (2023). Luas Panen dan Produksi Padi di Indonesia 2023 (Angka Sementara). Diakses dari https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2023/10/16/2037/luas-panen-dan-produksi-padi-di-indonesia-2023--angka-sementara-.html

Dayat, M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Optimalisasi Bauran Pemasaran dalam Merebut Calon Konsumen Jasa Pendidikan. Jurnal Mu’allim, 1(2): 299- 218.

Fa’izah, E. N. (2022). Manajemen Pemasaran dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik di SDII Luqman Al-Hakim Batam. J-CEKI: Jurnal CendekiaIlmiah, 1(5): 458-470.

Firmansyah, M. & Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish. Yogyakarta.

Mastuti, R., Amruddin, A., Kasmi, M., Patiung, M., Abdullah, A., & Basriwijaya, K. M. Z. (2022). Perencanaan Agribisnis Pertanian Berkelanjutan. Yayasan Kita Menulis. Medan.

Pertiwi, M. I., & Yulianto, E. S. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Baker’s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1): 179-186.

Rachman, B., Agustian, A., Syaifudin, A., & Badan Ketahanan Pangan, K. P. (2019). Implikasi Kebijakan Harga Eceran Tertinggi Beras terhadap Profitabilitas Usaha Tani Padi dan Harga, Kualitas, serta Serapan Beras.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara. Surabaya.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. Sulawesi Selatan.

Salim, H. S., Goh, T. S., & Margery, E. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian di PT. Furnilux Indonesia. Jurnal Bisnis Kolega, 8(1): 9-21.

Setyawati, E., & Arkeman, Y. (2020). Evaluasi Mutu Beras dan Penerapan Good Handling Practice (GHP) dan Good Manufacturingpractice (GMP) (Studi Kasus Penggilingan Padi di Kabupaten Karawang. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 30(1), 100-109.

Sudarsono, H. (2020). Manajemen Pemasaran. Pustaka Abadi. Jember.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. CV Alfabeta. Bandung.

Supriyanto, M., & Taali, M. (2018). Pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) terhadap pengambilan keputusan menginap di The Sun Hotel Madiun. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran DanKesekretariatan, 2(2): 26-33.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.