PENGARUH PEMBELAJARAN DIAGRAM ROUNDHOUSE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN METAKOGNITIF SISWA SMA N 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembela- jaran dengan diagram Roundhouse terhadap kemampuan kognitif, dan metakognitif siswa kelas XI SMA N 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Ngaglik Sleman. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa yang terdapat pada kelas XI IPA 1 dan IPA 2 yang ditentukan berdasarkan pertimbangan guru mata pelajaran biologi. Penelitian dilakukan dengan design penelitian semu dengan design nonrandomized control group pretes dan postes design. Instrumen penelitian yaitu soal tes dan lembar inventori metakognitif. Data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji anakova dan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian pada kelas dengan pembelajaran menggunakan diagram Roundhouse diperoleh data rata-rata kemampuan kognitif sebesar 71,41 dan kemampuan metakognitif 115,2.. Sementara itu pada kelas pembelajaran konvensional diperoleh data rata-rata kemampuan kognitif sebesar 57,33, dan kemampuan metakognitif 113, 76. Hasil uji statistik data diatas diperoleh nilai signifikansi kemampuan kognitif 0,002, dan kemampuan metakognitif 0,00. Hal ini berar- ti ada perbedaan kemampuan kognitif dan metakognitif kelas kontrol dan eksperimen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W& Krathwohl, D.R., 2001. A Taxonomy for Learning Teaching and Assesing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Arikunto, S. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ary, D., Jacobs, L.C., Razavieh, A., 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Terjemahan Arief Furchan. Surabaya: Usaha nasional.
Azwar, S. 2007. Sikap Manusia. Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Costa, A.L. & Kallick, B. 2000. Habits of Mind. USA: Association for Supervision an Curriculum development.
Dahar, R.W, 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Depdiknas. Model-model Pembelajaran, (online),(http://www.puskur.net/download/naskahakademik/bidangketra
mpilan/lifeskills/matematikasmk/modelpembelajaran2.doc, diakses tanggal 28 Juli 2008).
Depdiknas. 2004a. Standar Kompetensi Guru SMA. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Hackney, M.W.& Ward, R.E. 2002. How To Learn Biology Via Roundhouse Diagram. The American Biology Teacher, 64(7): 525534.
Hartono. 2008. SPSS 16.0. Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogya- karta: Pustaka Pelajar.
Livingston, J. 1997. Metacognition: An Overview. (on-line),
(http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/Metacog.htm, diakses tanggal 17 Desember 2007)
Nurhadi, Yasin, B., dan Senduk, A.G. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.Malang: Universitas Negeri Malang.
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media.
Slavin, R.E. 2000. Educational Psychology. Theory and Practice. Johns Hopkins University.
Sonneman. 2002. Mahir Berbahasa Visual. Terjemahan. Budi Juliman. Bandung: Kaifa.
Sudrajat. H. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi; Pembaharuan Pendidikan dalan Undang-Undang Sisdiknas 2003. Bandung: Cipta Cikas Grafika.
Ward,R.E & Lee, W.D., 2006. Understanding The Periodic Table of Elements via Iconic Mapping and Sequential Diagramming: The Roundhouse Strategy. Science Activity Vol. 42. No. 4.
Ward,R.E & Wandersee, J. 2001. Visualizing Science Using The Roundhouse Diagram. Science Scoope. Januari 2001. 24; 4; ProQuest Education Journals.
Ward,R.E & Wandersee, J. 2002. Struggling to understand abstract science topics: a Roundhouse diagram-based study. Internatinal Journal of Science Education. 2002. vol. 24, No. 6, 575-591.
Yulius. 2005. Pengaruh Pemanfaatan Gambar dan Hewan Asli dalam Pembelajaran Materi Pokok Arthropoda melalui Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Tesis Tidak Diterbitkan. Program Pascasarjana UM. Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Penerbit Bigraf Publishing.
DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v5i2.3930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Bioedukasi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.