Pengaruh PBL terhadap HOTS Siswa pada Materi Kingdom Fungi di MA Negeri 2 Banyumas
Abstract
HOTS (higher order thinking skills) adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu kemampuan berpikir kompleks meliputi kemampuan analisis, pemecahan masalah, serta keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MA Negeri 2 Banyumas menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru meskipun telah menggunakan model yang direkomendasikan Kurikulum 2013. Hal tersebut membuat siswa menjadi kurang aktif serta kurang terlatih dalam mengembangkan HOTS. HOTS merupakan kemampuan yang dapat dicapai melalui kegiatan menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Salah satu model yang dapat digunakan untuk melatih HOTS adalah problem based learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh model PBL terhadap HOTS siswa pada materi kingdom fungi; 2) perbedaan HOTS siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen; serta 3) model pembelajaran yang lebih baik dalam mempengaruhi HOTS siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA Tahun Ajaran 2018/ 2019 yang akan menempuh materi kingdom fungi. Desain penelitian menggunakan post-test only control design. Instrumen penelitian berupa tes tertulis dalam bentuk two-tier multiple choice question (pilihan ganda bertingkat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model PBL terhadap HOTS siswa pada materi kingdom fungi dengan koefisien korelasi uji eta yaitu 0,512, artinya memiliki pengaruh yang cukup. Ada perbedaan HOTS siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen berdasarkan nilai signifikansi uji t dua pihak yaitu 0,000. Model PBL yang diterapkan di kelas eksperimen lebih baik dalam mempengaruhi HOTS siswa daripada model discovery learning (DL) yang diterapkan di kelas kontrol berdasarkan nilai signifikansi uji t satu pihak yaitu 0,000.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v13i2.38590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi
|
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.