PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN DISERTAI TEKNIK ROUNDHOUSE DIAGRAM DAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Nur Eka Kusuma Hinderasti, Suciati Suciati, Baskoro Adi Prayitno

Abstract


ABSTRAK-Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan metode eksperimen disertai teknik Roundhouse Diagram dan Mind Map, gaya belajar, dan motivasi belajar serta interaksinya terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor pada materi Sistem Ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013 Semester II. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen I (XI IPA 2) belajar menggunakan model PBL dengan metode eksperimen disertai teknik Roundhouse Diagram dan kelas eksperimen II (XI IPA 3) belajar menggunakan model PBL dengan metode eksperimen disertai teknik Mind Map. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar kognitif, angket dan lembar observasi untuk hasil belajar afektif dan psikomotor serta angket untuk gaya dan motivasi belajar. Uji hipotesis menggunakan anava tiga jalan dengan desain faktorial 2x2x2. Berdasarkan hasil olah data disimpulkan: 1) ada pengaruh model PBL dengan metode eksperimen disertai teknik Roundhouse Diagram dan Mind Map terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; 2) ada pengaruh gaya belajar kinestetik dan visual terhadap hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor; 3) ada pengaruh motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; 4) ada
interaksi antara teknik pembelajaran dengan gaya belajar siswaterhadap hasil belajar afektif, tetapi tidak pada hasil belajar kognitif dan psikomotor; 5) tidak ada interaksi antara teknik pembelajaran dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor; 6) ada interaksi antara gaya belajar dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar psikomotor, tetapi tidak pada hasil belajar kognitif dan afektif; 7) tidak ada interaksi antara teknik pembelajaran, gaya belajar, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor. 


Keywords


Diagram Roundhouse; Mind Map; gaya belajar; motivasi belajar

Full Text:

PDF
rticle

References


Amin, S., Widha Sunarno, dan Suparmi. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Media Satket dan Media Interaktif Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri Pascasarjana UNS, 1 (1), 69-

Buzan, T. (2010). Mind Map. Jakarta:Gramedia.

Coffield, F., Moseley, D., Hall, E., Ecclestone, K. (2004). Learning

Styles and Pedagogy in Post-16 Learning (A Systematic and Critical

Review). Wiltshire: Cromwell Press Ltd.

Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Depdiknas. (2003). UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS.

________. (2004). Standar Kompetensi Guru SMA. Jakarta : Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

________. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang

Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

________. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

________. (2007). Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

DePorter, B. dan Hernacki, M. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Mizan Pustaka.

Dhindsa, H.S., Kasim M., dan Anderson,O.R. (2012). Constructivist-Visual Mind map Teaching Approach and the Quality of Student’s Cognitive Structure. Brunei. J. Sc. Edu. and Tech, 20 (2): 186-200.

Lam, P., Lam, S., Chan, M., (2011).Learning Styles of Students (Gifted vs. The Non-gifted) and Implications to Teaching. Proceedings of the 3rd International Conference of Teaching and Learning, INTI International University, Malaysia.

Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya:

UNESA Press.

Pratidina, I., Supriyono, dan Hendikawati P. (2012). Kefektifan Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Pendekatan PMRI terhadap Hasil Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education. 1: 38-44.

Priadi, M.A. (2012). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Problem Based Learning Melalui Metode Eksperimen Laboratorium dan Lapangan Ditinjau dari Keberagaman Kemampuan Berpikir Analitis dan Sikap Peduli Lingkungan Tesis Pendidikan Sains UNS Surakarta (Tidak dipublikasikan)

Rustaman, N. Y. (2002). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: UPI Press.

Sagala, S. (2008) Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suciati, S. (2011). Tugas Rumah Berbasis Home Science Process Skill (HSPS) pada Pembelajaran Biologi untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa. Proceeding Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Teo, N. (2007). International Problem Based Learning Symposium. Singapore: Republic Polytechnic.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Walker, C.O. dan Greene, B.A. (2009). The Relations Beetween Student

Motivational Beliefs and Cognitive Engagement in High School. The Journal of Educational Research, 102 (6): 463-471.

Ward, R.E. dan Wandersee, J. (2002). Struggling to Understand Abstract Science Topics: a Roundhouse Diagram-Based Study. International Journal of Science Education, 24 (6): 575-591.

___________________________. J. (2002). Students' Perceptions of Roundhouse Diagramming: A Middle-School Viewpoint. International Journal of Science Education. 24(2): 205-225

Ward, R.E. dan Lee, W.D. (2006). Understanding the Periodic Table of Elements via Iconic Mapping and Sequential Diagramming: The Roundhouse Strategy. Science Activities: Classroom Projects and Curriculum Ideas, 42 (4): 11-19

Wibowo, Y. (2008). Pengaruh Strategi Diagram Roundhouse Terhadap kemampuan Kognitif Siswa SMA Kelas XI IPA SMA Laboratorium UM. Malang FMIPA UM.

Windura, S. (2008). Mind map, Langkah Demi Langkah. Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v6i2.2646

Refbacks



Copyright (c) 2016 Bioedukasi


BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi

Print p-ISSN: 1693-265X
Online ISSN: 2549-0605
Website: https://jurnal.uns.ac.id/bioedukasi
Email: bioedukasi@fkip.uns.ac.id
Published by: Department of Biology Education,Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.