The Effectiveness of ClassPoint Media in Improving Communication Skills of Fifth-Grade Elementary School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdelrady, A. H., & Akram, H. (2022). An Empirical Study of ClassPoint Tool Application in Enhancing EFL Students’ Online Learning Satisfaction. Systems, 10(5), 154. https://doi.org/10.3390/systems10050154
A’dadiyyah, N. L. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40-49. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.462
Ananda, M. R. (2021). Pemanfaatan Media Baru Untuk Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Dalam Masa Wabah Covid 19. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 7(1), 578-581. http://dx.doi.org/10.52434/jk.v7i1.1019
Anshori, S. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100. http://194.59.165.171/index.php/CC/article/view/70
Ambarawati, A. (2021). Urgensi Keterampilan Komunikasi Nonverbal Guru Pada Era Society 5.0. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 12(2), 1-18. https://doi.org/10.30739/darussalam.v12i2.1188
Cahyo, K. D., & Yunarta, A. (2019). Pengaruh Modifikasi Media Kardus dan Ban Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok (Study Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Perak Jombang Tahun Pembelajaran 2018/2019). Bravo’s Jurnal, 7(9), 124-135. https://doi.org/10.32682/bravos.v7i3.1330
Handayani, S., Masfuah, S., & Kironoratri, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/770
Hasyim, A. F., Munawar, B., & Ma’arif, M. (2021). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Arus Searah Dan Bolak-Balik Pada Peserta didik MAN 1 Pandeglang. Jurnal Pendidikan, 9(1), 108-115. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i1.545
Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi. At-Taqaddum, 8(1), 21-46.
Hidayati, H. (2022). Strategi Komunikasi Lembaga Kesehatan Dalam Meminimalisir Pernikahan Dini Guna Mencegah Gangguan Psikologis Remaja Di Desa Bangunan Kecamatan Palas. (Skripsi). Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7-12. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57
Juliana, S. R., & Sumani, S. (2019). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Melakukan Initial Public Offering (IPO). Jurnal Akuntansi, 13(2), 105-122. https://doi.org/10.25170/jara.v13i2
Kurniawan, N. D., & Yatri, I. (2022). Pengembangan Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi ClassPoint pada Mata Pelajaran IPS Materi Indahnya Keragaman di Negeriku Bagi Siswa Kelas IV SDN Cipayung 03 Pagi Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 86-95. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.48502
Kusumawati, Y. I., Purnamasari, I., & Rahmawati, I. (2021). Keefektifan Media Scrapbook pada Tema 3 dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJALOKA: Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 2(1), 89–97. https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i1.937
Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis pentingnya keterampilan berbahasa pada siswa kelas IV di SDN Gondrong 2. EDISI, 3(2), 243-252. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1336
Mahmudi, A. G., Irawati, L., & Soleh, D. R. (2021). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berkomunikasi dengan Guru (Kajian Pragmatik). Deiksis, 13(2), 98-109. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v13i2.6169
Munawaroh, R. L., & Prasetyo, S. A. (2019). Nilai Karakter dalam Film Animasi “Horton Hears A Who” Sudut Pandang. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 19-27. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17925
Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 893-898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433
Nizatama, A. F., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2019). Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8(3), 469-481.
Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. UGM Press.
Prabaswara, G. E., & Supratman, L. P. (2023). Komunikasi Keluarga Dalam Mempertahankan Keharmonisan Pada Masa Covid-19. eProceedings of Management, 9(6), 3439-3445.
Pratiwi, J. O., Harunasari, S. Y., & Mawarni, V. (2019). Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Siswa Menggunakan Podcast. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1-7.
Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Sari, A. W. (2016). Pentingnya Keterampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.572
Satika, I. M. (2019). Kajian Tentang Etika Komunikasi Dalam Aktivitas Pembelajaran di SMA Dwijedra Denpasar. Seminar Nasional Inovasi Baru Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora, 809–815.
Sepyikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 107–117. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Setiono, P., & Rami, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 219-236. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6808
Sina, I., Farlina, E., Sukandar, S., & Kariadinata, R. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 57-67. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5i1.5081
Sundari, D. H., Iskandar, I., & Muhlis, M. (2021). Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1-9. http://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/105
Viera, A. J., & Garrett, J. M. (2005). Understanding interobserver agreement: the kappa statistic. Family Medicine, 37(5), 360–363. http://www1.cs.columbia.edu/~julia/courses/CS6998/Interrater_agreement.Kappa_statistic.pdf
Waluyo, M. E. (2014). Revolusi Gaya Belajar Untuk Fungsi Otak. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 213-214. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.577
Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking And Problem Solving, Creativity And Innovation) Di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197. https://www.researchgate.net/publication/348742516
Zainurroyyan, Makarim, C., & Rosidah, N. S. (2022). Pengaruh Media Poster Comment Digital Terhadap Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fiqih Berbasis Proyek. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 103–109. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i3.130Refbacks
- There are currently no refbacks.