Implementation of Project-Based Learning Assisted by Simlitar Media to Improve Creative Thinking Abilities and Student Learning Outcomes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek literasi, dan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37-52.
Alfafah, A. N., Aniswita, A., & Firmanti, P. (2019). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika kelas VIII. C di SMP Negeri 1 Bukittinggi. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 257-264.
Alim, M. R. Pengembangan Media Galeri Visual Sejarah (GVS) berbasis Website pada Materi Candi-Candi di Malang Raya. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 5(2), 167-176.
Ami, R. A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Nearpod. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 135-148.
Astriani, M. M. (2020). Upaya Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Project Based Learning. JURNAL PETIK, 6(1). https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i1.738
Erisa, H., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 1-11.
Erisa, H., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(01), 1-11.
Fairazatunnisa, F., Dwirahayu, G., & Musyrifah, E. (2021). Challenge Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1942-1956.
Farhana, H., & Awiria, A. (2019). Penelitian tindakan kelas.
Gunawan, B., & Hardini, A. A. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 32-46.
Jayanti, G. D., Setiawan, F., Azhari, R., & Siregar, N. P. (2021). Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 6(1), 40-48.
Karatas, K., & Arpaci, I. (2021). The role of self-directed learning, metacognition, and 21st century skills predicting the readiness for online learning. Contemporary Educational Technology, 13(3). https://doi.org/10.30935/cedtech/10786
Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 39-44). FBS Unimed Press.
Lesmana, D. (2018). Kandungan nilai dalam tujuan pendidikan nasional (Core ethical values). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 211-126.
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.
Marlinda, N. L. P. M. (2021, January). Metode eksperimen berbantuan media phet dengan model pembelajaran PjBL. In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Vol. 3).
Nardi, A. E., Cosci, F., Balon, R., Weintraub, S. J., Freire, R. C., Krystal, J. H., ... & Chouinard, G. (2018). The prescription of benzodiazepines for panic disorder: time for an evidence-based educational approach. Journal of clinical psychopharmacology, 38(4), 283-285.
Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan tidak hanya di sekolah dasar tapi di setiap jenjang pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Matematika
Saniari, L. V. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Liveworksheet Muatan Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 5 SD negeri mangunsari 07. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76-81.
Sumarmi, S., Bachri, S., Irawan, L. Y., Aliman, M., & Ahmad, W. I. W. (2021). Project-Based Research Learning (PBRL) Integrated With E-Learning in Projects Completion. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(7), 16–31. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i07.21193
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Suswanto, H., Nidhom, A. M., Dardiri, A., Pratama, A. B. N. R., Smaragdina, A. A., & Asfani, K. (2019). Integrated reality-entrepreneurship project-based learning model to increase the skills of students. World Transactions on Engineering and Technology Education, 17(2).
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.
van Laar, E., van Deursen, A. J. A. M., van Dijk, J. A. G. M., & de Haan, J. (2020). Determinants of 21st-Century Skills and 21st-Century Digital Skills for Workers: A Systematic Literature Review. In SAGE Open (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/10.1177/2158244019900176
Wati, L. F. (2018). Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Potensi Lokal pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (SMA/SMK di Malang). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), 39–47. https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p039
Refbacks
- There are currently no refbacks.